Jum'at, 19/04/2024 17:27 WIB

ILUNI UI Beri Pelatihan Kehumasan untuk Ratusan Alumni

Kegiatan pelatihan ini adalah kolaborasi antara ILUNI UI bersama APPRI Academy, program dari Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) sejak 21-31 Maret 2022.

ILUNI UI menerima penghargaan dari PR Indonesia Awards 2022 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) memberikan pelatihan kehumasan untuk 629 alumni, yang terdiri dari anggota ILUNI UI, ILUNI Fakultas, ILUNI Wilayah, ILUNI Chapter, BEM UI, Rektorat UI, dan sejumlah instansi.

Kegiatan pelatihan ini adalah kolaborasi antara ILUNI UI bersama APPRI Academy, program dari Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) sejak 21-31 Maret 2022.

Ketua ILUNI UI, Andre mengatakan, kompetensi kehumasan perlu dikuasai oleh profesi yang berkaitan dengan publik, agar memahami mengelola informasi dan komunikasi publik yang baik dan mencegah polarisasi di tengah masyarakat.

"Salah satunya gerakan Kohesi Kebangsaan yang diinisiasi sejak Oktober tahun lalu. Gerakan ini punya tujuan untuk mencegah polarisasi di tengah masyarakat. Ini semua tentu memerlukan kompetensi kehumasan dan publikasi yang luas kepada para pemangku kepentingan, termasuk juga rekan-rekan media," kata Andre pada Minggu (10/4).

Lanjut Andre, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi kehumasan di antara pengurus ILUNI UI Pusat, Wilayah dan Chapter. Di ILUNI UI sendiri, ada tujuh pusat dengan masing-masing program kerja dan kegiatan berbeda.

Pada tahun kedua kepengurusan Andre, ada lebih dari 145 kegiatan yang dilaksanakan ILUNI UI. Ke depan, akan ada berbagai kegiatan dan program lain yang memerlukan dukungan aktivitas kehumasan.

"Kegiatan masing-masing ILUNI UI sangat banyak, kita harus tahu bagaimana menyampaikannya kepada publik. Jadi kita butuh memahami langsung dari para pelaku industri PR," jelas dia.

Ketua Umum APPRI Jojo S. Nugroho menyebut kegiatan pelatihan ini mengundang para pakar dan praktisi di bidang kehumasan, yang di antaranya bergabung dengan APPRI.

Selama enam pertemuan, para peserta mempelajari Strategic Public Relations, Media Handling, Digital Public Relations, Issue & Crisis Management, Public Speaking, hingga Case Study Sharing bersama Kementerian ESDM.

"Kami berharap dapat kembali mengadakan kegiatan serupa dan lebih banyak yang bisa ikut karena ternyata ilmu dan skill kehumasan masih sangat dibutuhkan mereka yang bergerak di perusahaan maupun organisasi," jelas Jojo.

Selain kegiatan pelatihan, upaya meningkatkan kepercayaan dari publik pun salah satunya diraih melalui partisipasi dan penghargaan pada PR Indonesia Awards (PRIA) 2022.

Dalam perhelatan penghargaan PRIA 2022 di Semarang, ILUNI UI berhasil meraih dua penghargaan untuk perguruan tinggi dalam ajang penghargaan PRIA 2022. Penghargaan silver didapatkan dari sub-kategori Digital PR melalui program Konser 7 Ruang dan bronze sub-kategori aplikasi untuk aplikasi UI Connect.

KEYWORD :

ILUNI UI Universitas Indonesia Pelatihan Kehumasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :