Jum'at, 19/04/2024 20:20 WIB

Muratov, Jurnalis dan Peraih Nobel Rusia Diserang di Kereta

Martinov menambahkan serangan itu bisa merusak penglihatan Muratov.

Novaya Gazeta, surat kabar independen tempat peraih Nobel Perdamaian Rusia tahun lalu Dmitry Muratov bekerja, mengatakan bulan lalu bahwa mereka meninggalkan Rusia karena invasi ke Ukraina. (Foto: AFP/File/Odd ANDERSEN)

MOSKOW, Jurnas.com - Jurnalis Rusia dan peraih Nobel Perdamaian Dmitry Muratov Kamis diserang di kereta oleh seseorang yang menyemprotnya dengan cat, lapor 

"Seorang penyerang tak dikenal menyerang pemimpin redaksi Novaya Gazeta dan pemenang hadiah Nobel dalam kereta api," kata surat kabar Novaya Gazeta melalui Telegram, seperti dikutip dari AFP.

"Dia melemparkan cat berbasis minyak yang dicampur dengan aseton ke dalam kompartemen. Dia berteriak, `Muratov, itu untuk anak laki-laki kita`," kata surat kabar itu mengutip Muratov, yang merujuk pada korban Rusia dalam perang Ukraina.

"Mataku terbakar hebat. Saya akan mencoba untuk membersihkannya," kata Muratov setelah serangan terhadap kereta api yang berangkat dari Moskow ke kota tenggara Samara.

Laporan itu disertai dengan dua foto Muratov. Foto pertama menunjukkan dia tampaknya berada di toilet kereta api dengan kepala, badan, dan lengannya ditutupi dengan zat merah.

Foto kedua menunjukkan gerbong kereta diolesi dengan sejumlah besar cairan berwarna merah darah.

"Muratov menerima pertolongan pertama dan naik kereta untuk pergi menemui ibunya ... Kami mencari penjahat yang melakukannya," tweet Kirill Martinov, mantan wakil editor Muratov.

Martinov menambahkan serangan itu bisa merusak penglihatan Muratov.

Novaya Gazeta mengatakan bulan lalu sedang menangguhkan publikasi kertas dan online di Rusia sampai konflik Ukraina berhenti.

Sejak invasi 24 Februari ke Ukraina, Moskow secara signifikan memperketat kendali atas media independen dan mengeluarkan undang-undang yang memberikan hukuman penjara yang berat terhadap siapa pun yang mengkritik intervensi militer.

Juga pada hari Kamis, wartawan asing di surat kabar tersebut mengatakan bahwa mereka atas inisiatif mereka sendiri meluncurkan edisi baru - "Novaya Gazeta. Eropa" dalam beberapa bahasa di bawah kepemimpinan Martinov.

KEYWORD :

Jurnalis Rusia Peraih Nobel Perdamaian Dmitry Muratov




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :