Sabtu, 20/04/2024 04:41 WIB

India Kutuk Pembunuhan di Bucha Ukraina

Moskow membantah menargetkan warga sipil di Ukraina, menyebut gambar orang mati di Bucha yang telah mengejutkan dunia sebagai

Invasi Rusia ke Ukraina hancurkan berbagai fasilitas. (Foto: Jurnas/dok Bucha and Irpin).

NEW DELHI, Jurnas.com - Pemerintah India mengutuk pembunuhan warga sipil di Bucha Ukraina dan menyerukan penyelidikan independen, setelah sebelumnya menolak untuk secara eksplisit mengkritik invasi Ukraina oleh mitra lamanya Rusia.

Seorang ombudswoman hak asasi manusia Ukraina mengatakan pada Selasa bahwa antara 150 dan 300 mayat mungkin berada di kuburan massal oleh sebuah gereja di kota Bucha, di mana Ukraina menuduh pasukan Rusia membunuh warga sipil.

Moskow membantah menargetkan warga sipil di Ukraina, menyebut gambar orang mati di Bucha yang telah mengejutkan dunia sebagai "pemalsuan mengerikan" yang dilakukan oleh Barat untuk mendiskreditkannya.

"Laporan terbaru tentang pembunuhan warga sipil di Bucha sangat mengganggu," kata TS Tirumurti, perwakilan tetap India untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada pertemuan Dewan Keamanan, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami dengan tegas mengutuk pembunuhan ini dan mendukung seruan untuk penyelidikan independen," sambungnya.

Tirumurti menyampaikan pidatonya tak lama setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar.

AS telah berulang kali mendesak India untuk mengutuk agresi Rusia sejak invasi 24 Februari.

India sangat bergantung pada Rusia untuk perangkat keras militer. New Delhi telah berulang kali menyerukan diakhirinya kekerasan di Ukraina, tetapi telah abstain dari berbagai resolusi PBB tentang perang dalam upaya rumit untuk menyeimbangkan hubungannya dengan Moskow dan Barat.

India, yang saat ini menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, menjamu menteri luar negeri Rusia di New Delhi pekan lalu di mana mereka membahas mempertahankan hubungan perdagangan.

KEYWORD :

Pembunuhan Massal di Bucha India Invasi Rusia ke Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :