Selasa, 23/04/2024 17:32 WIB

DPR Minta Kemenhub Segera Rumuskan Aturan Teknis Mudik Lebaran 2022

Namun kondisi pergerakan orang pada keadaan normal dengan mudik lebaran sangat jauh berbeda. Semakin besar kuantitas semakin tinggi tingkat kompleksitasnya. Oleh karenanya aturan teknis mudik tahun ini harus segera keluar.

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKS, Toriq Hidayat. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat, sangat bersyukur setelah Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2022 setelah dua tahun pelarangan.

“Sebagaimana diketahui, saat ini, pemerintah mengklaim kasus sudah cukup landai dan bisa dikendalikan. Pandemi Covid-19 dianggap sudah melewati fase kritis sejalan dengan tren penurunan kasus dalam beberapa pekan terakhir. Pelonggaran aktivitas pun mulai diberlakukan. Kondisi seperti ini patut disyukuri,” jelas dia kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/3).

Politikus PKS ini menyebutkan, dalam prediksi Kemenhub tersebut ada potensi penggunaan transportasi umum yang sedikit bergeser yakni penggunaan pesawat menjadi lebih banyak dibandingkan menggunakan kereta api. Karena kemungkinan kebijakan tanpa tes antigen dan PCR untuk perjalanan domestik terus dipertahankan.

“Namun kondisi pergerakan orang pada keadaan normal dengan mudik lebaran sangat jauh berbeda. Semakin besar kuantitas semakin tinggi tingkat kompleksitasnya. Oleh karenanya aturan teknis mudik tahun ini harus segera keluar. Mengingat semakin dekat menuju hari ‘H’. Perlu waktu sosialisasi aturan yang cukup kepada masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai leading sector moda transportasi publik, Kemenhub diharapkan dapat menjadi motor penggerak mempercepat pembahasan secara lintas sektoral melibatkan Kemenkes, Satgas Penanganan Covid 19, Kemendagri, TNI Polri dan kementerian/lembaga terkait. Hal itu agar aturan teknis sektor transportasi segera keluar.

“Kemudian dari aspek kesiapan transportasi, Kemenhub juga harus melakukan penguatan sarana dan prasarana untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat sekaligus mengurangi risiko terhadap kelompok rentan seperti lansia,” tutup Toriq.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi V PKS Thoriq Hidayat Kemenhub aturan mudik Lebaran 2022




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :