Sabtu, 20/04/2024 11:19 WIB

Kotak Hitam Kedua China Eastern Ditemukan

Kedua perekam itu akan membantu penyelidik menentukan apa yang menyebabkan pesawat itu jatuh dari langit dan masuk ke lereng gunung berhutan di Cina selatan.

Dalam foto yang dirilis oleh Xinhua, tim penyelamat membawa potongan puing pesawat di lokasi kecelakaan pesawat China Eastern di Kabupaten Tengxian, Guangxi, pada 25 Maret 2022. (Foto file: AP/Zhou Hua, Xinhua)

BEIJING, Jurnas.com - Kotak hitam atau perekam data penerbangan kedua telah ditemukan dari Boeing 737-800 China Eastern yang menewaskan 132 orang pekan lalu.

"Kotak hitam kedua dari penerbangan China Eastern MU5735 ditemukan pada 27 Maret," lapor Kantor Berita Xinhua pada Minggu (27/3).

Pesawat itu dilengkapi dengan dua perekam data penerbangan. Satu, di kabin penumpang belakang yang melacak data penerbangan, dan yang lainnya perekam suara kokpit.

Tim pencari telah menemukan perekam suara kokpit pada Rabu, dan telah dikirim ke Beijing untuk dianalisis, yang diperkirakan akan memakan waktu beberapa hari lagi.

Kotak hitam kedua berisi data seperti kecepatan, ketinggian, dan heading.

Kedua perekam itu akan membantu penyelidik menentukan apa yang menyebabkan pesawat itu jatuh dari langit dan masuk ke lereng gunung berhutan di Cina selatan.

Penyiar negara CCTV dan kantor berita resmi Xinhua melaporkan penemuan perekam data penerbangan, mengutip pejabat.

Pesawat dengan nomor penerbangan MU5735 jatuh pada Senin (21/3) ketika sedang menuju dari kota Kunming di Cina tenggara ke Guangzhou, sebuah kota besar dan pusat manufaktur ekspor di dekat Hong Kong.

Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) mengatakan pada Sabtu malam bahwa semua orang di dalam pesawat meninggal, dan telah mengkonfirmasi hampir semua identitas mereka melalui tes DNA.

Semua 123 penumpang dan sembilan awak adalah warga negara China.

Ratusan orang, termasuk petugas pemadam kebakaran, dokter, dan penyelidik, masih berada di lokasi tragedi untuk memulihkan sisa-sisa manusia dan puing-puing pesawat.

KEYWORD :

Kotak Hitam Kedua China Eastern Ditemukan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :