Sabtu, 20/04/2024 22:40 WIB

Budiman Sudjatmiko Siap Bantu Pemerintah Memulihkan Ekonomi Nasional

Politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengaku siap membantu pemerintah dalam memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko dalam Silaturahmi Akbar dan Simposium Nasional Ekonomi Rakyat di Hotel Aryaduta, Kamis (24/3).

Jakarta, Jurnas.com - Politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengaku siap membantu pemerintah dalam memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Dia mengatakan siap membantu dari dalam atau luar pemerintah.

“Membatu di dalam atau luar sama saja, tapi mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik untuk rakyat,” ujar Budiman dalam ‘Silaturahmi Akbar dan Simposium Nasional Ekonomi Rakyat’ di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (24/3).

Ketua Inovator Indonesia 4.0 ini berkata jabatan bukan sesuatu yang harus dipersoalkan. Dia berkata bergerak bersama rakyat dalam memajukan bangsa adalah suatu keharusan.

Lebih lanjut, Budiman menyatakan perekonomian nasional bisa segera bangkit dari dampak pandemi COVID-19. Dia berkata kunci utama untuk kebangkitan itu adalah mengoptimalkan koperasi dan UMKM.

Aktivis reformasi ini menuturkan koperasi dan UMKM terbukti berperan penting dalam membangkitkan perekonomian. Dia mengatakan perekonomian sejumlah negara ditopang oleh keuangan mikro seperti koperasi hingga UMKM.

“Saya meyakini pandemi merupakan momentum bagi kita untuk semakin bangkit dari sisi ekonomi. Keberadaan koperasi dan UMKM bisa mempercepat itu,” ujar Ganjar.

Di sisi lain, Budiman menyampaikan koperasi dan UMKM harus mampu mengimbangi industri besar. Dalam persoalan minyak goreng misalnya, dia melihat koperasi dan UMKM bisa berperan mengatasi hal itu.

“Ketika perusahaan-perusahaan besar itu bermain, rakyat bisa menolong dirinya sendiri dengan berkoperasi dan ber-UMKM. Jadi, koperasi dan UMKM adalah jawaban untuk menghadapi krisis saat ini dan yang akan datang,” ujar Budiman.

Budiman menambahkan akan mendorong UMKM menjadi ruang untuk seluruh usaha kerakyatan tumbuh menjadi besar.

“Tapi, saya juga menekankan pentingkan sistem, kelembagaan, keuangan, hingga teknologi terkait dengan berbagai usaha kerakyatan,” ujar Budiman.

Lebih dari itu, Budiman menuturkan bahwa koperasi dan UMKM harus solid. Dia pun mengaku siap bersama rakyat untuk mewujudkan hal itu.

KEYWORD :

Budiman Sudjatmiko Silaturahmi Akbar Simposium Nasional Ekonomi Rakyat Pemulihan Ekonomi Pandemi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :