Kamis, 18/04/2024 14:28 WIB

AS Tuding Pasukan Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Ukraina

Kesimpulan Washington didasarkan pada

Para pemimpin dunia mengutuk serangan terhadap sebuah rumah sakit anak-anak di kota Mariupol, Ukraina yang terkepung. (Foto: Polisi Nasional Ukraina/AFP/Handout)

WASHINGTON, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan, Amerika Serikat (AS) telah menilai bahwa anggota pasukan Rusia telah melakukan kejahatan perang di Ukraina. Kesimpulan Washington didasarkan pada "tinjauan cermat" dari informasi yang tersedia dari publik dan sumber intelijen.

Blinken mengatakan ada banyak laporan kredibel tentang serangan tanpa pandang bulu dan serangan yang sengaja menargetkan warga sipil, serta kekejaman lainnya oleh pasukan Rusia di Ukraina, yang menyebutkan serangan di kota Mariupol yang terkepung.

Rusia membantah menargetkan warga sipil.

Blinken mengatakan AS akan terus melacak laporan kejahatan perang dan akan berbagi informasi yang dikumpulkannya dengan sekutu dan lembaga internasional. Pengadilan hukum pada akhirnya akan bertanggung jawab dalam menentukan dugaan kejahatan.

"Kami berkomitmen untuk mengejar akuntabilitas menggunakan setiap alat yang tersedia, termasuk penuntutan pidana," kata Blinken.

Presiden Joe Biden pekan lalu mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin adalah penjahat perang karena menyerang Ukraina, yang menurut kementerian luar negeri Rusia adalah pernyataan tidak layak untuk seorang negarawan berpangkat tinggi.

Moskow belum merebut kota terbesar Ukraina setelah invasi yang dimulai pada 24 Februari, serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Putin menyebut serangannya sebagai "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" negara. Korban sipil diperkirakan mencapai ribuan sementara PBB memperkirakan lebih dari 3,5 juta orang telah melarikan diri.

Penyelidik dari Pengadilan Kriminal Internasional berangkat awal bulan ini untuk mulai menyelidiki kemungkinan kejahatan perang di Ukraina. Washington mengatakan pihaknya menyambut baik keputusan itu, meskipun tidak memiliki tugas kerja sama karena bukan anggota pengadilan.

Beth Van Schaack, Duta Besar Besar untuk Peradilan Pidana Global di Departemen Luar Negeri, mengatakan Washington sedang melihat berbagai kegiatan yang dilakukan pasukan Rusia di Ukraina.

Penghancuran sebuah teater di Mariupol minggu lalu "tampaknya merupakan serangan langsung terhadap (target) warga sipil," katanya.

"Ini sangat jelas ditandai dengan kata `anak-anak` ... Ini bukan tujuan militer," katanya pada briefing di Departemen Luar Negeri. Rusia telah membantah membom teater itu.

Van Schaack mengatakan bukti seperti sinyal intelijen dan laporan dari orang dalam Rusia dapat digunakan oleh pengadilan untuk menunjukkan bahwa warga sipil sengaja menjadi sasaran. Bukti tersebut disimpan untuk tujuan itu, katanya.

Pakar hukum mengatakan penuntutan terhadap Putin atau pemimpin Rusia lainnya akan menghadapi rintangan tinggi dan bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Antony Blinken Amerika Serikat Rusia Vladimir Putin Kejahatan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :