Jum'at, 19/04/2024 13:43 WIB

Pemda Diminta Tidak Keluarkan SK Domisili Palsu Untuk Parpol

Kegiatan uji publik terhadap Rancangan PKPU tentang pendaftaran, verifikasi, serta penetapan partai politik peserta Pemilu. (Puspen Kemendagri/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah daerah (pemda) diingatkan agar tidak memberikan surat keterangan palsu untuk domisili kepengurusan partai politik di daerah. Hal itu dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar di Jakarta, Rabu (23/3).

"Misalnya, tidak ada pengurus (dan) kantor partainya di situ, di kecamatan itu, atau tidak ada kantor di desa itu, atau kelurahan itu, tapi diberikan keterangan ada," kata Bahtiar.

Surat keterangan tersebut sering menjadi salah satu objek yang disengketakan dan memiliki dampak hukum, katanya pemda saat memberikan pengarahan di sosialisasi rancangan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu Serentak 2024.

Pada tahapan verifikasi partai politik, salah satu syarat agar parpol lolos sebagai calon peserta pemilu ialah keberadaan atau domisili kepengurusan di daerah.

Sementara itu, Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi juga mengimbau hal serupa kepada seluruh parpol calon peserta Pemilu Serentak 2024. "Sangat berharap teman-teman pemerintah daerah di tingkat kecamatan atau kelurahan, desa, jangan coba sekali-kali mengeluarkan surat keterangan palsu," tegasnya.

Dia mengatakan sinergi antara KPU, Kemendagri, dan pemda akan memberikan kontribusi penting bagi suksesnya tahapan pendaftaran, verifikasi, serta penetapan parpol peserta Pemilu Serentak 2024.

Pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol merupakan tahapan awal dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, sehingga hal itu menjadi kunci keberhasilan bagi tahapan berikutnya. "Sehingga untuk menyukseskan tahapan ini, KPU (dan) Bawaslu membutuhkan dukungan dari Pemerintah (pusat) dan pemerintah daerah," ujarnya.

KEYWORD :

Kemendagri Pemda domisili partai politik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :