Kamis, 25/04/2024 04:15 WIB

Parlemen Indonesia-Thailand Perkuat Kerja Sama di Masa Transisi Endemi Covid-19

Pertemuan ini menjadi momentum tepat bagi Indonesia maupun Thailand untuk membahas berbagai kerja sama yang tertunda akibat pandemi Covid-19.

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers di Bali International Convention Center (BICC). Foto: Eno/Man

Jurnas.com - Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Senat/Wakil Presiden Majelis Nasional Kerajaan Thailand Prof. Pornpetch Wichitcholchai.

Adapun salah satu yang menjadi pembahasan adalah soal transisi kondisi pandemi Covid-19 menuju endemi.

“Saya pun ingin menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Thailand yang turut membuka vaksinasi bagi WNI di Thailand,” ujar Puan usai pertemuan bilateral yang digelar di sela-sela 144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua, Bali, Rabu (23/3).

Lebih lanjut, menyinggung rencana Thailand yang akan memasukkan Covid-19 sebagai endemi pada Juli mendatang, Indonesia juga sedang memasuki masa transisi menuju endemi Covid-19. Di mana, DPR RI akan mengawasi upaya pemerintah dalam menyusun roadmap menuju situasi endemi.

Puan menambahkan, pertemuan ini menjadi momentum tepat bagi Indonesia maupun Thailand untuk membahas berbagai kerja sama yang tertunda akibat pandemi Covid-19.

Hubungan yang sudah terjalin 72 tahun, diharapkan bisa membawa dampak yang lebih baik, terutama dari aspek  perdagangan sekaligus investasi.

“Saya juga mendorong kerja sama kedua negara dalam rangka revitalisasi pariwisata yang menjadi salah satu sumber devisa utama kedua negara. Saya berharap Indonesia dan Thailand dapat berbagi pengalaman kebijakan pro-pariwisata,” tutur Puan.

Terakhir, Politisi Fraksi Partai PDI-Perjuangan itu juga mengapresiasi persetujuan Majelis Nasional Thailand untuk MoU Pembentukan Kelompok Persahabatan Antar Parlemen Indonesia-Thailand.

Hingga saat ini, DPR RI masih melakukan kajian dan finalisasi draf MoU tersebut.

“Semoga dapat segera kita tandatangani dalam waktu dekat,” tukasnya.

KEYWORD :

DPR Parlemen indonesia IPU 144 Puan Maharani Transisi Kondisi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :