Jum'at, 19/04/2024 12:04 WIB

Ukraina Tuding Rusia Blokir Upaya Evakuasi di Mariupol

Anggota layanan pasukan pro-Rusia terlihat di atas tank selama konflik Ukraina-Rusia di pinggiran kota pelabuhan selatan yang terkepung Mariupol, Ukraina pada 20 Maret 2022. (Foto: Reuters/Alexander Ermochenko)

LVIV, Jurnas.com -  Ukraina menggambarkan situasi di Mariupol pada Senin sebagai "sangat sulit" dan mengatakan tidak dapat membangun koridor aman baru untuk mengevakuasi warga sipil dari kota yang terkepung setelah menentang ultimatum Rusia untuk menyerah.

Militer Rusia telah memerintahkan warga Ukraina di dalam kota tenggara untuk menyerah pada pukul 5 pagi (11 pagi, waktu Singapura), dengan mengatakan bahwa mereka yang melakukannya akan diizinkan pergi melalui koridor yang aman.

"Tentu saja kami menolak proposal ini," kata Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, dikutip dari Channel News Asia (CNA) pada Senin (21/3).

Mariupol, sebuah pelabuhan di Laut Azov, adalah rumah bagi 400.000 orang sebelum perang. Telah dikepung dan dibombardir, tanpa makanan, obat-obatan, listrik atau air bersih, sejak hari-hari awal invasi Rusia pada 24 Februari.

Vereshchuk mengatakan kesepakatan telah dicapai dengan Rusia untuk menciptakan delapan koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil dari kota-kota yang terkepung pada hari Senin tetapi Mariupol tidak ada di antara mereka. Rusia membantah menargetkan warga sipil.

Vereshchuk mengatakan upaya untuk mencapai Mariupol dengan bantuan kemanusiaan terus gagal. "Situasi di sana sangat sulit," tambahnya.

Sementara itu, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell pada Senin mengecam serangan Rusia terhadap Mariupol sebagai "kejahatan perang besar-besaran", ketika blok itu membahas penerapan lebih banyak sanksi terhadap Moskow.

"Apa yang terjadi sekarang di Mariupol adalah kejahatan perang besar-besaran, menghancurkan segalanya, membombardir dan membunuh semua orang," kata Borrell pada awal pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa.

KEYWORD :

Ukraina Rusia Blokir Mariupol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :