Kamis, 18/04/2024 10:37 WIB

Kunjungi MPR, Iluni UI Ajukan Konsep Kohesi Kebangsaan

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Andre Rahadian, menggelar pertemuan dengan Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada Kamis (17/3), bersama sejumlah pengurus Iluni UI.

Silaturrahmi Iluni UI dan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Andre Rahadian, menggelar pertemuan dengan Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada Kamis (17/3), bersama sejumlah pengurus Iluni UI.

Dalam pertemuan tersebut, Andre menjelaskan mengenai pentingnya konsep Kohesi Kebangsaan. Pasalnya, saat ini masyarakat tengah berada pada masa generasi 4.0, yang mana digitalisasi sangat berkembang pesat pada era ini.

"Kondisi pandemi saat ini juga menjadi latar belakang mengapa pada akhirnya Iluni UI harus mempunyai peran dalam menciptakan Kohesi Kebangsaan," kata Andre dalam keterangannya.

Wakil Ketua MPR RI yang akrab disapa Rerie, mengaku ingin membawa UI dan Iluni UI menjadi rumah bersama dan tempat yang nyaman. Iluni UI perlu mengambil peran mengisi ruang-ruang kosong di periode sebelumnya terkait dengan Kader Iluni UI yang memiliki tujuan membangun kembali UI sebagai institusi yang menjadi lambang dan misi kebangsaan.

"Kita bersama harus menyiapkan diri pada situasi yang dinamis dibandingkan pada masa sebelumnya, dalam pengertian bukan hanya eksis mengambil peran. Kita menyatukan langkah dalam sisi yang positif, warna kita merah putih jangan sampai ada isu hanya dikuasai oleh satu kelompok tertentu," ujar Rerie.

"Saya berharap di sisa kepengurusan ini, kita harus mempunyai pandangan, tidak boleh mematikan, tetapi kita harus menjadi bagian akademisi dari UI," imbuh dia.

Ketua Iluni UI, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, di tengah kondisi politik yang kurang kondusif menjelang 2024, alumni Universitas Indonesia berada di berbagai sektor.

Harapannya, dengan adanya Iluni UI dapat merangkul satu sama lain. Herzaky menambahkan, kunjungan tokoh ini demi mencari kesepahaman, keguyuban, dan meminta masukan dalam gerakan Kohesi Kebangsaan.

"Selain itu, dari kunjungan tokoh ini bisa memunculkan kolaborasi dalam pengembangan gerakan Kohesi Kebangsaan, baik itu dengan melalui media podcast dan membuat buku secara bersama mengenai Kohesi Kebangsaan," ujar Herzaky.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Iluni UI, Bachtiar Firdaus, mengatakan bahwa di sisa waktu kepengurusan Iluni UI yang sekarang ini diharapkan dengan adanya gagasan Kohesi Kebangsaan dapat memperkuat bangsa Indonesia.

"Berharap polarisasi yang ada di masyarakat tidak meningkat, Iluni UI ingin fokus terhadap persamaannya bukan mencari perbedaannya, sehingga bisa saling memahami antara satu sama lain. Kita bisa lagi meningkatkan kembali kualitas demokrasi kita dengan kuncinya adalah dengan bahu-membahu," tuturnya.

Koordinator Tim Kohesi Kebangsaan Policy Center Iluni UI, Gemintang Kejora Mallarangeng, mengatakan bahwa dari Policy Center Iluni UI sudah secara rutin mengadakan diskusi guna berbagi kohesi bersama dengan yang lainnya.

"Dengan adanya diskusi bisa menghasilkan kebijakan dan harapannya ke depannya bisa mengadakan diskusi bersama guna mencari formula yang paling maksimal," tutur dia.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Taufik Basari mengatakan, ide mengenai Kohesi Kebangsaan ini harus didukung. Besar targetnya Iluni UI menjadi lokomotif dalam gerakan Kohesi Kebangsaan.

"Tantangannya alumni UI bisa meraih eksistensi secara mandiri, jadi tidak menjadikan label alumni UI yang dibanggakan, maka diharapkan ketika Iluni UI mendapatkan brand, harapan ini yang akan menjadi dibanggakan oleh alumninya. Saya berharap ini akan terus terbangun," ucapnya.

Sementara itu, dosen Universitas Indonesia, Irwansyah, menyebut gerakan Kohesi Kebangsaan harus digerakkan di dalam internal itu sendiri.

"Halnya seperti mengajak kembali para staf serta pengajar di Iluni UI. Integrasi di internal harus dikuatkan kembali dan ini merupakan sebuah proses," tutup Irwansyah.

KEYWORD :

Iluni UI Universitas Indonesia MPR RI Lestari Moerdijat Kohesi Kebangsaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :