Jum'at, 19/04/2024 08:09 WIB

PKB Sumbar Punya Struktur yang Kokoh Hadapi Pemilu 2024

Gus Jazil dan para kader PKB optimis

Gus Jazil dan para pengurus PKB Sumatera Barat

Padang, Jurnas.com – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Barat (Sumbar) telah memiliki struktur kepengurusan yang solid di tingkap kabupaten dan kota sehingga siap kerja menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, dengan struktur yang lengkap dan siap tempur ini, PKB Sumbar bisa melipatgandakan perolehan suara pada Pemilu 2024.

"Saya saksikan sejarah baru di Sumbar hari ini, pelantikan pengurus DPC termewah dan terbanyak. Ada semacam gairah baru, semangat baru di bumi Minangkabau," kata Gus Jazil di acara Serah Terima SK Penetapan Kepengurusan dan Penandatanganan Komitmen Kinerja DPC PKB se-Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang, Minggu (13/3/2022).

"PKB bisa berjuang bersama-sama masyarakat Sumbar dan membuktikan kita semua yang hadir bisa bekerja meyakinkan masyarakat Sumbar yang islami ini,” tuturnya. 

Gus Jazil menyebut PKB dilahirkan oleh para ulama, memiliki tujuan untuk kepentingan bangsa dan negara. Pendiri PKB tak ada satupun yang punya interes ekonomi, dagang atau memperkaya diri sendiri.

"Artinya ya murni para kiai, ulama ketika beristiharah melahirkan partai ini adalah persembahan ulama untuk bangsa, termasuk untuk Sumbar,” urainya.

Karena itu, perjuangan PKB akan semakin kuat jika di Sumbar bisa mengirimkan wakilnya di DPR RI. Bagi Gus Jazil itu sangat mungkin.

"Kita warna hijau kok nggak pernah dapat di DPR RI ini ada masalah apa? PKB lahir dari basis NU, basis keagamaan terbesar. Dari basis ini di Sumbar saya tahu punya kultur keagamaan sangat kuat, juga punya kultur dagang dan pendidikan,” katanya.

Ia berharap seluruh DPC PKB di Sumbar bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Kalau perlu, jelas Gus Jazil, Kantor DPC bisa difungsikan untuk kepentingan masyarakat, pelayanan sosial. Sebab kalau tidak, nanti tidak didatangi orang.

Menurutnya, saat ini adalah momentum yang tepat untuk menata kembali PKB menuju Pemilu 2024. Dengan wajah-wajah baru di kepengurusan seluruh DPC, dia berharap PKB Sumbar bisa mengirimkan wakilnya ke Senayan, serta bisa mengantarkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai presiden 2024.

”Ada langkah-langkah yang harus kita ambil dan lakukan. Pertama, penataan struktur, menata barisan. Mulai ranting, PAC kecamatan, DPC, semua harus ditata dan dirapikan."

"Untuk merapikan itu dibutuhkan restrukturisasi yang hari ini menerima mandat sebagai pengurus untuk menata struktur supaya tertib. Setelah SK diberikan, ketua, sekretaris, segera menata struktur sampai tingkat bawah. Itu kunci kemenangan dan kedisiplinan barisan,” urainya.

Ketua DPW PKB Sumbar Anggia Ermarini mengatakan, saat ini seluruh kepengurusan di tingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC) di 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumbar sudah terbentuk.

”Melalui proses yang panjang sejak Desember 2021 lalu, saat ini semua sudah selesai. Sempat ada dinamika, alhamdulillah semua selesai dengan baik dan gembira atas kelapangan dada dan kedewasaan kader PKB Sumbar,” ujar Anggia.

Menurutnya, kader PKB Sumbar memiliki semangat yang luar biasa dalam menghadapi Pemilu 2024. Penataan struktur partai di semua tingkatan ini sangat penting.

"Kami telah melakukan wawancara komitmen pakta integritas kepada semua DPC, juga bimtek administrasi dan sipol. Ini penting karena tinggal beberapa saat lagi pemilu digelar. Hal-hal terkait admisnistrasi dan keorganisasian sangat penting,” urainya.

Dengan kondisi yang ada saat ini, pihaknya optimistis perolehan kursi dan suara PKB di Sumbar pada Pemilu 2024 bisa meningkat tajam.

Bahkan, pihaknya menargetkan bisa meraih 2 kursi DPR RI di Dapil Sumbar 1 dan 2, serta 5 kursi DPRD Sumbar, dan masing-masing 4 kursi DPRD kabupaten/kota.

"Kita targetkan semua kursi tambah sebab semangat kader luar biasa,” tuturnya.

Menurutnya, dengan kerja keras semua kader dan pengurus, bukan hal mustahil PKB Sumbar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan.

KEYWORD :

PKB Sumatera Barat Jazilul Fawaid Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :