Kamis, 25/04/2024 01:17 WIB

EWINDO Bantu Benih Sayuran Unggul untuk Petani Korban Erupsi Semeru

Pemberian bantuan benih sayuran unggul, saprodi dan saprotan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada petani di Lumajang, Jawa Timur.

Pemberian bantuan benih sayuran unggul dari perwakilan direksi PT EWINDO ke petani korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: Dok, Pribadi For Jurnas.com)

Lumajang, Jurnas.com – Perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO) atau dikenal dengan “Cap Panah Merah” memberikan bantuan benih sayuran unggul, sarana produksi pertanian serta peralatan pertanian kepada lebih dari 120 petani sayuran yang terkena dampak langsung erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Penyerahan bantuan dipusatkan di Desa Sumber Mujur Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur dan diserahkan secara simbolis oleh Deputy Managing Director EWINDO, Afrizal Gindow didampingi oleh Commercial Director EWINDO Ganesh Pramugar Satyagraha.

"Pemberian bantuan benih sayuran unggul, saprodi dan saprotan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada petani di Lumajang, Jawa Timur. Tujuannya, agar petani dapat segera melakukan kegiatan ekonomi kembali yaitu penanaman sayuran sesuai keahlian dan potensi wilayahnya untuk merehabilitasi perekonomian mereka. Selain itu, kegiatan pendampingan dan pembinaan akan terus kami lakukan," ujar Deputy Managing Director EWINDO Afrizal Gindow dalam keterangan tertulis, Jumat (11/3).

Penyerahan bantuan diberikan saat meresmikan “Saung Satu Hati Sahabat Cap Panah Merah”. Saung ini dibangun EWINDO untuk menjadi pusat komunikasi antar petani penerima bantuan yang tersebar di lebih dari 10 desa diantaranya Desa Banjar Rejo, Sido Rejo, Kebonan, Umbul Rejo, Gumuk Mas, Supit Urang, Oro Oro Ombo, Sumber Urip, Jeplak dan Kebon Seket.

Lebih lanjut Afrizal menerangkan, bantuan benih unggul tersebut terdiri dari benih tomat SERVO F1 dan GUSTAVI F1, cabai besar BAJA F1 dan PILAR F1, sawi LEONY F1, buncis MAXIPRO serta seledri AMIGO. Benih unggul yang diberikan ini sesuai dengan kebutuhan petani dan potensi wilayahnya. Diharapkan dengan adanya bantuan benih sayuran unggul yang memiliki potensi hasil tinggi dapat membuat petani memperoleh hasil panen yang optimal.

Untuk menunjang tujuan tersebut, EWINDO juga meberikan bantuan berupa sarana produksi pertanian seperti pupuk dan pestisida serta peralatan pertanian yang diperlukan oleh para petani.

Afrizal menerangkan petugas lapangan perusahaan selalu berusaha menjadi sahabat terbaik bagi petani sehingga dapat mendengarkan dengan baik setiap aspirasi dan kebutuhan para petani yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

“Kami akan terus mengawal dan mendampingi petani hingga meraih sukses penanaman dan memetik hasil panen yang optimal. Jadi, saung ini kami bangun sebagai wadah komunkasi dan diskusi untuk menyelesaikan masalah baik teknis maupun non teknis,” terang Afrizal.

Seperti diketahui, Kecamatan Candipuro adalah salah satu wilayah yang paling terdampak erupsi Gunung Semeru pada awal Desember 2021 lalu. Dampak erupsi mengakibatkan ribuan warga mengungsi dan kehilangan rumah, harta benda serta pekerjaan.

Selain itu, EWINDO juga melakukan kegiatan “trauma healing” bagi anak-anak korban bencana erupsi Gunung Semeru yang berada di dalam TK darurat untuk menumbuhkan kembali keceriaan mereka akibat bencana yang telah mereka alami. Kegiatan “trauma healing” ini diberikan langsung oleh General Manager Corporate Affairs EWINDO Fransiska Fortuna.

“Melalui bantuan benih sayuran unggul, sarana produksi dan peralatan pertanian juga “trauma healing” ini kami berharap rehabilitasi kegiatan perekonomian petani yang terkena dampak erupsi dapat segera terlaksana dan bersama-sama memajukan kegiatan pertanian khususnya hortikultura yang selama ini ditekuni para petani,” tutup Afrizal.

 

KEYWORD :

EWINDO petani erupsi Gunung Semeru benih sayuran unggul Afrizal Gindow




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :