Jum'at, 26/04/2024 02:34 WIB

Facebook Izinkan Konten Kutuk Presiden Putin dan Rusia

Pemilik Facebook dan Instagram, Mark Zuckerberg, akan mengizinkan pengguna di beberapa negara untuk menyerukan kekerasan terhadap Vladimir Putin dan tentara Rusia.

Logo Meta (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

New York, Jurnas.com - Pemilik Facebook dan Instagram, Mark Zuckerberg, akan mengizinkan pengguna di beberapa negara untuk menyerukan kekerasan terhadap Vladimir Putin dan tentara Rusia.

Dikatakan bahwa untuk sementara platform tersebut mengizinkan konten pidato kekerasan, seperti "kematian bagi penjajah Rusia", yang biasanya melanggar aturannya.

Namun, mereka mengatakan tidak akan mengizinkan seruan untuk melakukan kekerasan terhadap warga sipil Rusia.

Pengumuman itu muncul setelah kantor berita Reuters mengatakan telah melihat email internal yang menguraikan perubahan kebijakan.

"Mengingat invasi Ukraina yang sedang berlangsung, kami membuat pengecualian sementara bagi mereka yang terkena dampak perang, untuk mengekspresikan sentimen kekerasan terhadap invasi angkatan bersenjata," kata juru bicara Meta dikutip dari BBC pada Jumat (11/3).

Di bawah kebijakan terbaru, pengguna di negara-negara termasuk Rusia, Ukraina dan Polandia juga akan dapat menyerukan kematian Presiden Rusia Putin dan Presiden Belarusia Lukashenko.

Surel itu juga berisi laporan yang mengatakan bahwa panggilan untuk kematian para pemimpin akan diizinkan kecuali mengandung target lain, atau termasuk lokasi atau metode.

"Seruan untuk kekerasan terhadap Rusia juga diperbolehkan ketika posting tersebut dengan jelas merujuk pada invasi ke Ukraina," kata email tersebut.

Rusia mengumumkan pekan lalu bahwa mereka memblokir Facebook dan platformnya, mengutip 26 kasus "diskriminasi" terhadap media Rusia oleh Facebook sejak Oktober 2020.

Meskipun akses ke situs tersebut telah dibatasi di Rusia, itu tidak sepenuhnya tidak tersedia. Moskow telah menindak beberapa platform media sosial karena mengejar apa yang disebutnya "operasi khusus" di Ukraina.

KEYWORD :

Facebook Instagram Vladimir Putin Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :