Sabtu, 20/04/2024 11:17 WIB

Kiai Nurul Huda Ploso: Cak Imin Mewakili Perjuangan Nahdliyin

Santri Nahdlatul Ulama

KH. Nurul Huda Djazuli Ploso (tengah) bersama Abdul Muhaimin Iskandar dan Abdul Halim Iskandar

Kediri, Jurnas.com - Pengasuh Pesantren Al-Falah Ploso, Mojo, Kediri, Jawa Timur KH. Nurul Huda Djazuli mengajak umat Islam, khususnya para nahdliyin untuk mendukung perjuangan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin beken Cak Imin) sebagai calon presiden (capres) 2024.

Menurut tokoh sepuh Nahdlatul Ulama (NU) ini, perjuangan yang dilakukan Cak Imin di jalur politik adalah perjuangan untuk mewakili kalangan pesantren.

"Yang datang ke sini mulai Cak Imin dan saudara-saudaranya. Alhamdulillah, mudah-mudahan beliau mendapatkan sukses yang luar biasa," ujar KH. Nurul Huda Djazuli di sela acara Perayaan Haflah Tasyakur Alfiah Ibnu Malik 2022 di Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, Selasa malam (8/3/2022).

"Kita perlu dukung karena Cak Imin itu pejuang kita. Kita perlu dukung Cak Imin, Halim, putera-putera kiai ini berkecimpung di kalangan partai dan sebagainya, kita perlu dukung karena kita-kita ini ora kober (tidak sempat) berjuang (di jalur politik). Kita anggap beliau ini memperjuangkan kepentingan kita dalam usuran pondok dan lainnya," tuturnya.

Sebelumnya, doa dan dukungan senada disampaikan para masyayih Ponpes Lirboyo. Pengasuh Utama Ponpes Lirboyo KH Anwar Mansur yang juga Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur menganggap bahwa Gus Muhaimin adalah bagian dari keluarga besar Ponpes Lirboyo. Sebab, ayah dari Gus Muhaimin, Kiai Iskandar dulu juga mengenyam pendidikan agama cukup lama di Pesantren Lirboyo.

”Pak Muhaimin ke Lirboyo ini bukan asing karena orangtuanya mondok di Lirboyo. Panjengan sudah lihat Lirboyo kondisinya seperti ini. Dulu Pak Iskandar dangu (lama) di sini bareng sama Pak Sohib,” katanya.

Kiai Anwar Mansur pun mendoakan Cak Imin Capres 2024 bisa sukses dalam berjuang di medan politik menjadi Presiden 2024.

"Alhamdulillah kita doakan mudahan-mudahan perjuagan Pak Muhaimin selalu dimudahkan oleh Allah, diberikan perjuangan yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia,” tuturnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo KH Abdulllah Kafabihi Mahrus mengatakan bahwa langkah Cak Imin maju sebagai capres yang bukan atas keinginan sendiri, namun atas permintaan kiai dan para gus, sudah sesuai dengan yang diajarkan dalam syariat agama.

Cak Imin Capres 2024 akan maju atas permintaan gus-gus (para putra kiai), bukan beliau yang meminta, ini sesuai dengan ajaran syariat,” ujar Kiai Abdulllah Kafabihi Mahrus saat menerima rombongan Cak Imin di Ponpes Lirboyo, Kediri, Selasa malam (8/3/2022).

Menurut Rais Syuriyah PBNU ini, saat ini dari nama-nama kandidat capres yang sudah bermunculan, hanya Cak Imin yang memang benar-benar dari latar belakang Nahdlatul Ulama (NU) tulen.

"Capres yang paling NU ya Gus Muhaimin. Dari segi nasab dan lain-lain,” ungkapnya.

Kiai Abdulllah Kafabihi Mahrus mengatakan bahwa jumlah jamaah NU ini luar biasa banyak, mencapai ratusan juta. Jika semua bisa bersatu, kompak maka dipastikan akan merebut kemenangan.

"Cuma menyatukannya itu yang sulit. Kalau kita ada kesadaran bersama dalam momen-momen yang penting, kita akan menang. Kekalahan kita karena kita suka berbeda-beda, pecah. Bagaimana kita harus bersatu,” tuturnya.

Dengan banyaknya dukungan dari para kiai, masyayih dan para gus dari berbagai pesantren, Gus Muhaimin mengaku sangat optimistis bisa meneruskan perjuangan yang sudah dirintis para sesepuh NU, termasuk Gus Dur untuk mengelola negara ini.

”Gus Dur telah memimpin reformasi dan melahirkan demokrasi. Sekarang berhasil ada warga NU yang jadi wapres, menteri, wakil ketua DPR, MPR, dan lainnya,” katanya.

Karena itu, Cak Imin berharap terus mendapatkan dukungan dan doa dari para kiai, masyayih agar perjuangan yang tidak mudah ini diberikan kelancaran dan kesuksesan.

KEYWORD :

KH. Nurul Huda Djazuli Cak Imin Capres 2024 Pondok Pesantren




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :