Rabu, 24/04/2024 00:25 WIB

China Akan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

Palang Merah China akan memberikan bantuan kemanusiaan ke Ukraina. Demikian pengumuman Menteri Luar Negeri Beijing, Wang Yi, saat mengulangi seruan untuk melanjutkan pembicaraan diplomatik.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Moskow, Rusia pada 11 September 2020. [Kementerian Luar Negeri RUS - Anadolu Agency]

Beijing, Jurnas.com - Palang Merah China akan memberikan bantuan kemanusiaan ke Ukraina. Demikian pengumuman Menteri Luar Negeri Beijing, Wang Yi, saat mengulangi seruan untuk melanjutkan pembicaraan diplomatik.

Dikutip dari BBC pada Senin (7/3), Wang Yi menekankan persahabatan China dengan Rusia sangat "kokoh". Prospek kerja sama kedua negara juga sangat luas.

Pernyataannya muncul beberapa jam setelah Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mendesak China untuk mengecam Rusia.

Dalam pidato kebijakan luar negeri yang panjang di Sydney, Morrison mengatakan China telah berulang kali berbicara tentang penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial.

"Terserah China, pada titik engsel sejarah ini, untuk menunjukkan ini lebih dari sekadar kata-kata," kata Morrison sebelumnya.

Dia menambahkan, "tidak ada negara yang akan memiliki dampak lebih besar pada Rusia selain China".

Sampai sekarang, pemerintah China tidak mengutuk atau memaafkan perang Rusia di Ukraina dan bahkan menahan diri untuk tidak menyebutnya sebagai invasi.

Namun awal pekan ini, Yi mengisyaratkan bahwa China siap memainkan peran dalam menengahi gencatan senjata.

KEYWORD :

Wang Yi China Rusia Ukraina Bantuan Kemanusiaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :