Sabtu, 20/04/2024 19:05 WIB

Nelayan dan Petani Banyuwangi Berikrar Dukung Cak Imin di Pilpres 2024

Kesejahteraan tani dan nelayan

Petani dan Nelayan di Banyuwangi, Jatim dukung Cak Imin Capres 2024

Banyuwangi, Jurnas.com – Sejumlah warga yang tergabung dalam Barisan Petani dan Nelayan (Baristan) Banyuwangi menyampaikan ikrar dukungan kepada Abdul Muhaimin Iskandar maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Para petani dan nelayan ini menilai Cak Imin (sapaan akrab Gus Muhaimin, red) memiliki kompetensi dan kapabilitas mewakili suara nelayan. Seperti yang tertuang dalam undang-undang No. 7 tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

"Kami petani dan nelayan mengharapkan, kepemimpinan Cak Imin nanti dapat menjalankan UU tersebut agar para nelayan mendapatkan haknya,” Kordinator Barisan Petani dan Nelayan (Baristan) Banyuwangi, Arief Gipong saat deklarasi di Pelabuhan Ikan Kecamatan Muncar, Minggu (6/3/2022).

Arief menjelaskan pekerjaan nelayan memiliki risiko besar. Makanya ia berharap para nelayan mendapat perlindungan secara asuransi jiwanya.

Selain itu, lanjut Arif, para nelayan kerap kesulitan dalam memenuhi kebutihan bahan bakar yang begitu mahal, belum lagi disaat kondisi cuaca ekstrim mereka tidak melaut dan akhirnya mereka menganggur.

"Tapi jika UU itu dijalankan setidaknya mereka dapat pemberdayaan dan perlindungannya,” katanya.

Masalah lain yang dikatakan Arief adalah terkait administrasi surat dan pengurusan perijinan yang terkesan dipersulit. Bahkan, biaya mengurus administrasi dirasa kemahalan.

“Administrasi cukup mahal sekitar Rp 30 juta. Nelayan pun banyak yang keberatan terkait pengurusan surat menyurat kapalnya. Karena kapal nelayan masih di bawah ukuran yang ditentukan pemerintah karena ini kapal perorangan bukan kapal perusahaan,” imbuhnya.

Kepada Cak Imin Capres 2024, Baristan Banyuwangi berharap semua masalah ini dapat dibenahi. Mereka pun akan all out mendukung Cak Imin dapat maju pada kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 2024 mendatang.

"Semoga Cak Imin bisa mengamanatkan keinginan kami dan bisa menjadi presiden di massa mendatang,” ungkapnya.

Berdasarkan data, Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782 Kilometer Persegi.

Di antaranya, terdapat lahan persawahan sekitar 66.152 ha atau 11.44 persen, perkebunan seluas 82.143,63 ha atau 14.21 persen. Berdasarkan data statistik, Kabupaten Banyuwangi juga menjadi salah satu lumbung padi dan pangan di Propinsi Jawa Timur.

KEYWORD :

Baristan Cak Imin Capres 2024 Nelayan Petani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :