Rabu, 24/04/2024 19:51 WIB

MotoGP Mandalika Promosi Luar Biasa Indonesia di Mata Dunia

MotoGP Mandalika ini yang berlangsung selama 10 tahun, dengan total daripada siaran hampir mencakup sepertiga penduduk dunia

Pembalap MotoGP Mandalika, saat uji coba beberapa waktu yang lalu. (Foto Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Ajang balap motor MotoGP di Mandalika, NTB merupakan promosi luar biasa bagi Indonesia di mata dunia. Terkait brand positioning, Indonesia negara yang sangat besar dan memiliki citra yang besar.

Namun selama ini promonya kurang. Promosi tercepat tidak lain tentu dengan kegiatan olahraga seperti ketika Indonesia melakukan Asian Games, semua dunia tahu bahwa ada ajang Asian Games di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, saat Konfrensi pers secara virtual di Jakarta, Minggu (06/3/2022)

"Sama juga dengan adanya MotoGP Mandalika ini yang berlangsung selama 10 tahun, dengan total daripada siaran hampir mencakup sepertiga penduduk dunia, ini merupakan promosi yang luar biasa yang saya rasa secara rating juga bisa dipertanggungjawabkan," kata Erick

Erick melihat Mandalika di Provinsi NTB ini memang merupakan bagian dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau DPSP yang sudah dibangun oleh pemerintah, dan tentunya masing-masing destinasi wisata memiliki keunikan.

Di sinilah kenapa Mandalika salah satu keunikannya menjadi lokasi penyelenggaraan balap motor MotoGP, berbeda dengan keunikan yang dimiliki provinsi-provinsi lainnya.

"Tentu kalau kami dari Kementerian BUMN dan pihak korporasi melihat kenapa MotoGP ada di Indonesia? Kita mesti melihat bahwa ekonomi Indonesia terus tumbuh sampai dengan tahun 2045. Apalagi generasi muda Indonesia saat ini sudah merupakan mayoritas penduduk Indonesia, jadi kita bisa melihat bagaimana pertumbuhan daripada industri motor di Indonesia akan terus berkembang," kata Erick.

Hal ini menjadi hal yang saling menguntungkan bagi Indonesia dan pihak penyelenggara Dorna Sports, karena itu Kementerian BUMN bersama Kementerian Investasi terus mendorong juga yang namanya membuka investasi sebesar-besarnya dari luar negeri untuk pembukaan lapangan kerja terutama untuk industri otomotif.

Dan Kementerian BUMN sendiri juga melihat daripada perkembangan otomotif ini ke depan ada dua yakni ada yang tetap konvensional dan kendaraan listrik.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan ajang balap motor MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai hal yang tepat dalam memposisikan Indonesia di mata dunia.

Menurut Menteri BUMN, ada kontinuitas dalam memposisikan Indonesia di dunia sebagai negara besar. Erick juga berterima kasih kepada Dorna Sports yang mempercayai penyelenggaraan MotoGP di Indonesia.

National branding Indonesia menjadi sangat penting, karena pertumbuhan ekonomi tidak lain dikarenakan investasi yang banyak dari dalam negeri maupun internasional, faktor kesehatan, dan faktor yang juga tidak kalah pentingnya bagaimana industri pariwisata juga harus bisa diposisikan dengan baik.

 

KEYWORD :

Erick Thohir BUMN MotoGP Mandalika Promosi Indonesia Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :