Jum'at, 19/04/2024 15:05 WIB

Gencatan Senjata Gagal, Ukraina dan Rusia Saling Tuding

Gencatan senjata yang bertujuan untuk melanjutkan evakuasi warga sipil di Mauripol dan Volnovakha berakhir gagal. Ukraina menuding pasukan Rusia terus melancarkan tembakan.

Perang Ukraina vs Rusia (Foto: NDTV)

Kyiv, Jurnas.com - Gencatan senjata yang bertujuan untuk melanjutkan evakuasi warga sipil di Mauripol dan Volnovakha berakhir gagal. Ukraina menuding pasukan Rusia terus melancarkan tembakan.

"Pihak Rusia tidak berpegang pada gencatan senjata dan terus menembaki Mariupol sendiri dan daerah sekitarnya," kata Kyrylo Tymoshenko, Wakil Kepala Kantor Presiden Volodymyr Zelensky dikutip dari Aljazeera pada Sabtu (5/3).

"Pembicaraan dengan Federasi Rusia sedang berlangsung mengenai pengaturan gencatan senjata dan memastikan koridor kemanusiaan yang aman," sambung dia.

Sebaliknya, Rusia melalui kementerian pertahanan menuduh kubu nasionalis Ukraina di dua kota, menghalangi evakuasi warga sipil. Moskow mengaku telah menghormati gencatan senjata, dan menuding tembakan itu berasal dari Ukraina.

Komite Palang Merah Internasional, penjamin gencatan senjata, mengatakan pihaknya memahami bahwa evakuasi warga sipil dari Mariupol dan Volnovakha tidak akan dimulai pada Sabtu ini.

"Kami tetap berdialog dengan para pihak tentang perjalanan aman warga sipil dari berbagai kota yang terkena dampak konflik," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.

"Peristiwa di Mariupol dan di kota-kota lain hari ini sangat memilukan. Setiap inisiatif dari pihak-pihak yang memberi warga sipil kelonggaran dari kekerasan dan memungkinkan mereka untuk secara sukarela pergi ke daerah yang lebih aman disambut baik," lanjutnya.

Sebelumnya, Rusia membuka koridor kemanusiaan di dekat Mariupol dan Volnovakha, menurut laporan kantor berita RIA. Di Mariupol, warga akan diizinkan pergi selama lima jam.

Di sisi lain, pemerintah Ukraina berencana mengevakuasi sekitar 200.000 orang dari Mariupol dan 15.000 dari Volnovakha, dan Palang Merah adalah penjamin gencatan senjata. Namun, evakuasi kemudian tertunda.

"Karena fakta bahwa pihak Rusia tidak mematuhi gencatan senjata dan terus menembaki Mariupol sendiri dan sekitarnya dan untuk alasan keamanan, evakuasi penduduk sipil telah ditunda," kata pejabat kota dalam sebuah pernyataan di media sosial.

KEYWORD :

Gencatan Senjata Rusia Ukraina Evakuasi Warga Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :