Kamis, 25/04/2024 19:01 WIB

Gus Halim Ajak Mahasiswa dan Kampus Kolaborasi Bangun Desa

Gus Halim berharap, kegiatan KKN dapat menjadi sarana kampus dan mahasiswa membersamai desa, meningkatkan kualitas SDM desa,

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto: humas/jurnas.com

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau yang biasa disapa Gus Halim mengajak mahasiswa dan civitas akademika berkolaborasi membangun desa.

Gus Halim berujar, kampus memiliki kewajiban yang harus dipenuhi yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi, terdiri dari tiga poin, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat.

"Dharma pengabdian harus menjadi media transformasi invensi perguruan tinggi menjadi inovasi yang dapat membantu percepatan kemandirian desa," jelas Gus Halim saat melepas mahasiswa KKN Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Kamis (24/2/2022).

Gus Halim berharap, kegiatan KKN dapat menjadi sarana kampus dan mahasiswa membersamai desa, meningkatkan kualitas SDM desa, membangkitkan ekonomi warga desa, serta menjamin kelestarian budaya lokal desa.

Mahasiswa yang akan disebar ke desa-desa itu diharapkan dapat bekerjasama dengan para Pendamping Desa melakukan identifikasi persoalan yang sedang dihadapi wargadesa, sekaligus membantu mencarikan solisinya.

"Mahasiswa dapat mengambil bagian dalam percepatan pencapaian tujuan SDGs Desa," imbuh mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur itu.

Sementara itu, Rektor UNESA Dr. Nurhasan, M.Kes berujar, salah satu tujuan dari KKN itu dalam rangkat belajar secara nyata di masyarakat untuk berkomunikasi, bersinergi berkolaborasi memecahkan masalah di masyarakat.

"Agar masyarakat mampu beradaptasi di era ketidakpastian ini, di era pandemi dan di era transformasi. Berani berkreasi, berenovasi dan berkolaborasi untuk desa maju dan tumbuh," kata Nurhasan.

Sekedar informasi jumlah mahasiswa yang KKN di UNESA pada tahun ini sebanyak 2905 orang dari berbagai latar belakang program studi, mereka akan disebar ke 173 desa di 15 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur selama kurang lebih tiga bulan.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa KKN UNESA mahasiswa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :