Jum'at, 19/04/2024 19:20 WIB

Pemberitaan Parlemen Modern Perlu Terapkan Konsep News Room

Sebagai lembaga legislatif yang menjadi representasi rakyat Indonesia, informasi di lingkungan DPR RI selalu menjadi sorotan masyarakat.

Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar

Jakarta, Jurnas.com - Sebagai lembaga legislatif yang menjadi representasi rakyat Indonesia, informasi di lingkungan DPR RI selalu menjadi sorotan masyarakat. Dalam hal ini Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI berperan untuk menyebarluaskan pemberitaan DPR RI agar masyarakat memiliki perspektif sekaligus citra yang lebih baik mengenai kinerja DPR RI.

“Publik semakin menginginkan berita-berita mengenai kegiatan di DPR agar bisa lebih cepat dan lebih akurat. FGD (Forum Group Discussion) Biro Pemberitaan ini ingin membangun langkah yang sama untuk menuju pada konvergensi media yang nantinya bidang-bidang kerja TV Radio Parlemen, Media Sosial, Media Cetak dan juga Penerbitan itu nanti sumbernya sama, model konsep ‘News Room’,” jelas Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar usai menghadiri FGD Biro Pemberitaan Setjen DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (22/2).

Biro Pemberitaan saat ini terus berbenah diri untuk merubah tata kerja ke depannya agar dapat lebih bersinergi antara bagian. Salah satu caranya dengan model kerja ‘News Room’ untuk mewujudkan Parlemen yang modern. Model kerja News Room harus dipersiapkan untuk menyambut era digital dan penyeimbang media-media publik di luar DPR.

News Room ini adalah model kerja yang bisa mensinergikan semua lini yang ada di Biro Pemberitaan. Sebenarnya ini sudah diterapkan di media-media mainstream yang profesional dengan cara kerja semacam itu. Kita sedang mengadopsi cara kerja professional, media-media besar dengan konsep konvergen,” jelas Indra.

FGD turut dihadiri Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso dan Wakil Ketua BURT DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah. Sementara sesi FGD menghadirkan narasumber di bidang komunikasi dan media yakni Dekan Fikom Unpad/Ketum ISKI Pusat Dadang Rahmat Hidayat, Pemimpin Redaksi Emitennews.com Bekti Nugroho serta Dosen Fikom Unpad sekaligus peneliti media Kunto Adi Wibowo.

KEYWORD :

Indra Iskandar Sekjen DPR Pemberitaan Parlemen Modern News Room




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :