Rabu, 24/04/2024 23:16 WIB

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Menjaga daya tahan tubuh pada anak sangat penting. Ikuti 4 cara ini.

Tingkatkan daya tahan tubuh anak. (Foto: Jurnas/Ist Ilustrasi).

Jakarta, Jurnas.com- Melansir informasi dari American Heart Association, yang menetapkan pada tahun 2013 bahwa sejak tahun 1975, daya tahan kardiovaskular anak-anak turun rata-rata 5 persen per dekade antara tahun 1970 dan 2000. Beberapa statistik lain yang membuka mata dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak saat ini 15 persen kurang bugar dari sudut pandang kardiovaskular ketimbang orang tua mereka saat masih muda.

Kabar baiknya adalah bahwa tren ini dapat diubah terlepas dari fakta bahwa jika putra atau putri Anda adalah bagian dari generasi yang terus merosot secara fisik. Intinya ada pada perubahan cara kerja kardiovaskuler dengan aktivitas sehari-hari dan perubahan gaya hidup. Berikut adalah empat cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak:

Memperbaiki Pola Makan

Pola makan yang seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Memiliki pola makan sehari-hari yang penuh dengan makanan bergizi dapat memberi anak lebih banyak energi selama kegiatan sekolah dan setelah sekolah.

Sebagai orang tua, ada baiknya juga jika Anda mendorong kebiasaan makan anak Anda dengan membuat pilihan makanan yang sehat. Makanan yang meningkatkan stamina antara lain adalah karbohidrat dan makanan yang akan kaya zat besi.

American Academy of Pediatrics menyarankan diet yang mencakup campuran makanan dari lima kelompok makanan: sayuran segar dan buah-buahan, biji-bijian, susu rendah lemak, dan sumber protein tanpa lemak berkualitas, termasuk daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan telur).

Bangun Rutinitas Harian

Rutinitas harian yang mencakup aktivitas fisik akan membuat anak terbiasa untuk tetap aktif sepanjang hidupnya. Rutinitas harian yang mendorong kebugaran juga akan membantu anak Anda untuk membangun daya tahan tubuhnya.

Variasikan Kegiatan

Meskipun rutinitas sehari-hari sangat berguna untuk membuat anak Anda tetap aktif, namun penting untuk mencampuradukkan jenis kegiatan yang mereka lakukan. Berjalan atau jogging, bersepeda, berenang, dan menari dengan intensitas rendah adalah semua aktivitas yang merupakan latihan aerobik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Selain itu, mengajak anak Anda untuk berjalan selama satu jam sehari sama bermanfaatnya untuk daya tahan kardio mereka seperti berenang selama 30 menit di hari yang lain. Mencampur dan memvariasikan aktivitas ini akan menghindarkan anak dari rasa kebosanan ketika mengulangi aktivitas yang sama setiap hari. Aktivitas ini juga akan membantu mereka tampil lebih baik dalam jenis kebugaran lainnya.

Menari

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menari. Melengkapi latihan kardio rutin dengan berlatih menari seperti balet dapat meningkatkan pengalaman keseluruhan untuk anak.

Manfaat daya tahan kardiovaskular bagi mereka yang rutin menari antara lain adalah memperbaiki postur dan kesehatan, meningkatkan stamina dan kemampuan kinerja, meningkatkan kemampuan anaerobik. Selain itu, menari juga terbukti dapat mengurangi risiko kelelahan sekaligus meningkatkan konsentrasi, mengurangi tingkat stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan pengurangan risiko cedera.

Daya tahan tubuh yang baik bisa jadi modal penting untuk memberikan si kecil kemampuan untuk dapat menyerap informasi dengan baik. Apalagi ketika anak belajar bahasa asing seperti bahasa Mandarin yang terkenal dengan tingkat kerumitannya yang tinggi. Tapi setidaknya, para orang tua tidak perlu khawatir ketika memilih LingoAce sebagai partner les bahasa Mandarin online untuk si buah hati.

Berbeda dengan beberapa penyedia layanan kursus bahasa Mandarin lainnya, LingoAce telah terus berevolusi untuk menemukan pendekatan inovatif untuk para muridnya. Salah satunya adalah dengan membuat skema pembelajaran efektif dengan mengoptimalkan materi belajar dan laporan anak yang dibuat khusus sesuai kemampuan si kecil.

Selain itu, LingoAce juga menerapkan ukuran kelas yang eksklusif (max enam murid), materi pelajaran yang padat, kontribusi yang ideal, dan laporan perkembangan yang dibuat khusus. Setiap anak nantinya juga akan mendapatkan perhatian penuh dari para guru dan bisa belajar dengan kemampuan mereka masing-masing. Tentunya, LingoAce juga mendampingi proses ini dengan menggunakan jasa guru native speaker untuk menjaga orisinalitas konten yang diajarkan.

 

Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan si buah hati Anda ke LingoAce sekarang juga dengan mengisi form kelas free trial. Follow juga Instagram LingoAce Indonesia di @lingoace.id untuk melihat konten seru lainnya!

 

 

 

 

 

 

 

KEYWORD :

Daya Tahan Tubuh Anak Kardiovaskular




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :