Sabtu, 20/04/2024 20:10 WIB

Komisi I DPR: Langkah Cermat Presiden Jokowi Pilih Andi Widjajanto Gubernur Lemhanas

Komisi I DPR meyakini pelantikan Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas akan memperkuta analisis sipil ketahanan nasional. Langkah Presiden Jokowi dinilai cukup cermat.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Viada Hafid

Jakarta, Jurnas.com - Komisi I DPR meyakini pelantikan Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) akan memperkuta analisis sipil ketahanan nasional. Langkah Presiden Jokowi dinilai cukup cermat.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengatakan, Lemhanas memang memerlukan seorang pemimpin yang jauh lebih muda agar mampu menggodok pemikiran dan analisa-analisa yang berpikir jauh ke depan.

"Menurut saya, langkah cermat sekali Presiden memilih Pak Andi. Berbeda dari pendahulunya yang rata rata dari TNI maupun Polri, menurut saya, dapat menjadi kekuatan analisa sipil yang mampu keluar pakem-pakem ketahanan tradisional," kata Meutya, kepada wartawan, Senin (21/2).

Apalagi, kata Meutya, Jokowi memang memiliki kedekatan dengan Andi Widjajanto. Menurutnya, hal itu penting agar Andi dapat memberikan masukan langsung ke Jokowi.

"Beliau punya kedekatan komunikasi yang cukup baik dengan Presiden. Ini menurut saya penting agar kajian masukan dan analisa dari Lemhannas betul-betul dapat menjadi masukan bagi Presiden dalam mencermati ketahanan nasional," katanya.

Meutya berharap, di bawah kepemimpinan Andi Widjajanto dapat menjawab masalah ketahanan yang kekinian. Meutya ingin Lemhannas memberikan cara pandangan baru terkait ketahanan nasional.

"Harapan kedua tentu agar lembaga ini betul-betul dapat memberikan masukan kepada Presiden sehingga keberadaannya dan fungsi lembaga ini menjadi jelas," imbuhnya.

Sebelumnya, Andi Widjajanto mengungkap arahan penting dari Presiden Jokowi setelah resmi menjabat Gubernur Lemhannas. Andi diminta melakukan transformasi Lemhannas agar siap menghadapi tantangan geopolitik masa depan.

"Arahan dari Bapak Presiden adalah melakukan penguatan transformasi Lemhannas sehingga sesuai tantangan geopolitik abad ke-21 sehingga Lemhannas bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak kepemimpinan nasional serta menjadi dapur kajian strategis bagi presiden untuk isu-isu lokal regional dan global serta Lemhannas menjalankan fungsinya untuk melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan," ujar Andi setelah acara pelantikan di Istana Negara, Senin (21/2).

Andi juga mengaku mendapat arahan dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Andi diminta tetap berpegang teguh kepada Pancasila.

"Sebelum saya menjabat, saya juga mendapat arahan dari Presiden ke-5, Ketua Dewan Pengarah BPIP, Ketua Dewan Pengarah BRIN, Ibu Megawati Soekarnoputri agar menjalankan amanat sebagai Gubernur Lemhannas ini dengan tetap berpegang kepada ideologi Pancasila 1 Juni," kata Andi.

KEYWORD :

Komisi I DPR Meutya Viada Hafid Andi Widjajanto Gubernur Lemhannas Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :