Kamis, 25/04/2024 02:04 WIB

Putin Akan Awasi Latihan Militer Besar-besaran Rusia

Rusia mengatakan Presiden Vladimir Putin akan mengawasi latihan militer yang melibatkan kekuatan strategis secara pribadi pada Sabtu (19/2) besok, di tengah ketegangan meningkat di perbatasan Ukraina.

Presiden Rusia, Vladimir Putin (Foto: Press TV)

Moskow, Jurnas.com - Rusia mengatakan Presiden Vladimir Putin akan mengawasi latihan militer yang melibatkan kekuatan strategis secara pribadi pada Sabtu (19/2) besok, di tengah ketegangan meningkat di perbatasan Ukraina.

Dikutip dari Aljazeera pada Jumat (19/2), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan latihan itu akan mencakup beberapa latihan peluncuran rudal balistik antarbenua dan rudal jelajah.

Angkatan udara, unit distrik militer selatan, serta armada Laut Utara dan Laut Hitam akan terlibat dalam latihan nuklir besar-besaran.

Pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko, selama pembicaraan dengan Putin pada hari Jumat di Moskow, mengatakan dia juga akan mengambil bagian dalam mengawasi latihan besok.

Latihan perang tersebut mengikuti peringatan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Kamis kemarin, bahwa Rusia dapat menginvasi Ukraina dalam beberapa hari.

Ketakutan Barat fokus pada sekitar 150.000 tentara Rusia termasuk sekitar 60 persen dari keseluruhan pasukan darat Rusia, terkonsentrasi di dekat perbatasan Ukraina.

Kremlin menegaskan tidak memiliki rencana untuk menyerang. Tetapi Moskow menuntut agar AS dan sekutunya menjauhkan Ukraina dan negara-negara bekas Soviet lainnya dari aliansi militer NATO, tidak menyebarkan senjata di Ukraina dan menarik kembali pasukan NATO dari Eropa Timur.

Washington dan sekutunya secara blak-blakan menolak tuntutan Rusia, dan Moskow mengancam akan mengambil "langkah-langkah teknis-militer" yang tidak ditentukan jika Barat terus menghalangi.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Rusia bersikap transparan tentang latihan Sabtu, telah memberikan pemberitahuan ke semua saluran yang tepat, dan bahwa mereka "tidak boleh menimbulkan kekhawatiran siapa pun".

KEYWORD :

Latihan Militer Rusia Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :