Rabu, 24/04/2024 08:49 WIB

Menteri Suharso Ungkap Proyek Prioritas Pemerintah Tahun 2023

RKP Tahun 2023 memuat arah kebijakan nasional tahunan demi menjaga kesinambungan pembangunan secara terencana dan sistematis serta responsif terhadap perubahan dan perkembangan isu-isu strategis baik di tingkat nasional dan global.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan bahwa tema Rencana Kerja Pemerintah di tahun 2023 adalah ”Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Hal ini diucapkan Menteri saat memberikan sambutan dalam kick off meeting penyusunan RKP 2023.

Sebagai informasi, RKP Tahun 2023 merupakan dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang disusun sebagai penjabaran tahun keempat pelaksanaan RPJMN Tahun 2020-2024.

RKP Tahun 2023 memuat arah kebijakan nasional tahunan demi menjaga kesinambungan pembangunan secara terencana dan sistematis serta responsif terhadap perubahan dan perkembangan isu-isu strategis baik di tingkat nasional dan global.

RKP Tahun 2023 disusun sebagai acuan perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan pembangunan bagi pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mencapai sasaran pembangunan nasional.

“Dalam penyusunan RKP Tahun 2023, telah diidentifikasi beberapa Major Project yang memiliki relevansi terhadap tema, sasaran dan arah kebijakan prioritas,” ujar Suharso

Ketua Umum DPP PPP ini mencontohkan beberapa major project yang diarahkan untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. diantaranya adalah major project reformasi sistem perlindungan sosial, major project awasan sentra produksi pangan, major project wilayah adat Papua meliputi wilayah adat Laa Pago dan wilayah adat Doomberay.

Dalam kesempatan itu, Suharso juga menyebutkan major project yang dimaksudkan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia, antara lain major project reformasi sistem kesehatan nasional dan major project reformasi Pendidikan keterampilan.

“Melalui pelaksanaan berbagai major project di atas diharapkan manfaatnya secara optimal dinikmati masyarakat luas, bukan hanya sent tapi delivered. Oleh karena itu, peran kementerian dan lembaga dan pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan proyek menjadi sangat penting,” pungkasnya.

KEYWORD :

Suharso Monoarfa Rencana Kerja Pemerintah Major Project




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :