Jum'at, 19/04/2024 03:01 WIB

YLBHI Curiga Internet di Desa Wadas Diperlambat Mencegah Penyebarluasan Informasi

Isnur menambahkan, saat itu sebetulnya terekam melalui sejumlah video mengenai tindakan Kepolisian saat turun ke Desa Wadas beberapa waktu lalu.

Area pembangunan proyek Bendungan Bener di wilayah Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (8/2/2022).(Dok Humas Polda Jateng).

Jakarta, Jurnas.com - Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menyatakan jika jaringan internet di Desa Wadas, Purworejo sempat mengalami perlambatan.

Ketua YLBHI, Muhammad Isnur curiga jika melambat jaringan internet diduga untuk mencegah penyebarluasan informasi terkait situasi terkini di Desa Wadas.

Isnur menambahkan, saat itu sebetulnya terekam melalui sejumlah video mengenai tindakan Kepolisian saat turun ke Desa Wadas beberapa waktu lalu.

“Tapi kami curiga ada upaya mencegah publikasi, livestream, penyebarluasan informasi, dengan cepat melalui sosial media dengan cara perlambatan (internet),” kata Isnur saat diskusi virtual yang diselenggarakan Iluni UI secara virtual, Minggu (13/2).

Isnur juga memaparkan aliran listrik ke Desa Wadas juga sempat dipadamkan. Dia mengatakan padamnya listrik berdampak pada banyak hal. Salah satu hal yang dia soroti adalah terhadap arus keluar masuknya informasi dari Desa Wadas.

“Tetapi listrik yang padam menyebabkan banyak hal. Informasi misalnya televisi ataupun hp yang low bat (battery) tidak bisa dilakukan untuk percepatan informasi ke luar,” ungkap Isnur.

Selain itu, Isnur juga menjelaskan LBH dan pihak-pihak yang hendak menyalurkan logistik sempat kesulitan untuk masuk ke Desa Wadas. Dia menuturkan akses pintu masuk ke Desa Wadas ditutup. Bahkan dia menyebutkan sejumlah jurnalis sempat dihalang-halangi untuk memasuki Desa Wadas.

KEYWORD :

Desa Wadas YLBHI jaringan internet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :