Kamis, 25/04/2024 02:00 WIB

Lawan Pengaruh China, AS Buka Kedubes di Solomon

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengonfirmasi rencana pembukaan kedutaan besar (kedubes) di Kepulauan Solomon, dalam upaya untuk melawan pengaruh China di Kepulauan Pasifik.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara selama konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Ahmad Nasser Al-Mohammad Al-Sabah (tidak terlihat) di Kota Kuwait pada 29 Juli 2021 [Jaber Abdulkhaleg - Anadolu Agency]

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengonfirmasi rencana pembukaan kedutaan besar (kedubes) di Kepulauan Solomon, dalam upaya untuk melawan pengaruh China di Kepulauan Pasifik.

Pengumuman itu disampaikan pada Sabtu (12/2), ketika Blinken mengunjungi Fiji untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Kepulauan Pasifik, di mana Washington menjanjikan lebih banyak sumber daya diplomatik dan keamanan ke wilayah tersebut.

Blinken mengatakan, "penduduk Kepulauan Solomon menghargai sejarah mereka dengan Amerika di medan perang Perang Dunia II, tetapi AS berada dalam bahaya kehilangan ikatan preferensialnya karena China secara agresif berusaha untuk melibatkan politisi elit dan pebisnis di Kepulauan Solomon."

Langkah itu dilakukan setelah kerusuhan mengguncang negara berpenduduk 700.000 itu pada November. Kerusuhan tumbuh dari protes damai dan menyoroti persaingan regional yang telah lama membara, masalah ekonomi, dan kekhawatiran tentang hubungan negara yang meningkat dengan China. Para perusuh membakar gedung-gedung dan menjarah toko-toko.

Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare selamat dari mosi tidak percaya pada bulan berikutnya, mengatakan kepada legislator dalam pidato 90 menit yang berapi-api bahwa dia tidak melakukan kesalahan dan tidak akan tunduk pada "kekuatan jahat" atau "agen Taiwan".

AS sebelumnya mengoperasikan kedutaan di Solomon selama lima tahun sebelum menutupnya pada 1993. Sejak itu, diplomat AS dari negara tetangga Papua Nugini telah diakreditasi ke Solomon, yang memiliki agen konsuler AS.

KEYWORD :

Menlu AS Antony Blinken Kedutaan Besar Kepulauan Solomon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :