Selasa, 23/04/2024 20:32 WIB

Elon Musk Bocorkan Rencana Luncurkan Roket Monster

Elon Musk membeberkan rencana meluncurkan sistem roket monster baru, Starship, yang bakal mengudara dalam beberapa bulan ke depan.

Elon Musk, pendiri dan CEO SpaceX (Foto: Sky News)

New York, Jurnas.com - Elon Musk membeberkan rencana meluncurkan sistem roket monster baru, Starship, yang bakal mengudara dalam beberapa bulan ke depan.

Dalam presentasi di depan roket Starship, pengusaha asal Amerika Serikat (AS) itu mengatakan bahwa roketnya secara teknis hampir siap. Saat ini, Elon Musk sedang menunggu izin dari FAA (Federal Aviation Administration).

FAA adalah otoritas perizinan dan tidak akan mengeluarkan izin terbang sampai penilaian lingkungan selesai. Musk kembali harus melapor pada Maret mendatang.

"Saya pikir kami sedang melacak untuk mendapatkan persetujuan peraturan dan kesiapan perangkat keras pada waktu yang hampir bersamaan," ungkap Musk kepada peserta di fasilitas R&D perusahaan SpaceX, Boca Chica, Texas dikutip dari BBC pada Jumat (11/2).

"Mudah-mudahan, Anda tahu, pada dasarnya beberapa bulan untuk keduanya," sambung dia.

Musk mengatakan bahwa jika FAA meminta penyelidikan lebih lanjut, maka peluncuran akan tertunda selama berbulan-bulan, karena operasi penerbangan dialihkan ke Kennedy Space Center di Florida di mana landasan peluncuran lain untuk Starship sedang dibangun.

Dalam pertemuan di Texas, Musk juga membahas detail teknik khusus pada desain mesin roket, yang akan menyenangkan penggemar berat, dan ada animasi baru yang mengilap yang membayangkan misi Starship berawak ke Mars, tetapi CEO SpaceX masih malu-malu membicarakan peluang bisnis yang muncul untuk sistem peluncuran baru.

"Akan ada beberapa pengumuman di masa depan yang menurut saya orang-orang akan sangat bersemangat," katanya.

"Ada banyak pelanggan tambahan yang ingin menggunakan Starship (tetapi) saya tidak ingin mencuri start, mereka akan membuat pengumuman sendiri," imbuh dia.

Dengan tinggi mencapai 120 meter, sistem roket SpaceX yang baru adalah yang terbesar yang pernah dibuat. Ketika akhirnya terbang ke langit, ia akan lepas landas dengan lebih dari dua kali daya dorong kendaraan yang mengirim manusia ke Bulan pada 1960-an dan 1970-an.

KEYWORD :

Roket Monster Starship Elon Musk SpaceX




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :