Jum'at, 26/04/2024 00:20 WIB

China Tangguhkan Impor Daging Sapi dari Lithuania

China menangguhkan impor daging sapi dari Lithuania sejak Rabu (9/2) kemarin. Demikian pernyataan resmi Administrasi Umum Kepabeanan Beijing pada Kamis (10/2), di tengah meningkatnya perselisihan perdagangan dengan negara Baltik dan sekutu Baratnya yang berpusat di Taiwan.

Daging sapi segar (Foto: Istimewa)

Beijing, Jurnas.com - China menangguhkan impor daging sapi dari Lithuania sejak Rabu (9/2) kemarin. Demikian pernyataan resmi Administrasi Umum Kepabeanan Beijing pada Kamis (10/2), di tengah meningkatnya perselisihan perdagangan dengan negara Baltik dan sekutu Baratnya yang berpusat di Taiwan.

Dikutip dari Aljazeera, Bea Cukai China tidak memberikan alasan penangguhan tersebut. Namun lembaga itu biasanya menghentikan impor daging jika negara pengekspor melaporkan wabah penyakit pada ternak.

Lithuania belum melaporkan penyakit hewan apa pun ke Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) baru-baru ini.

Langkah itu dilakukan setelah Inggris mengatakan pada Senin pekan ini, bahwa pihaknya akan bergabung dengan Amerika Serikat dan Australia, dalam mendukung kasus Uni Eropa (UE) terhadap China di Organisasi Perdagangan Dunia, atas dugaan pembatasan perdagangan Beijing di Lithuania.

Komisi Eropa mengatakan ekspor Lithuania ke China turun 91 persen pada Desember tahun lalu, dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2020.

Lithuania mengizinkan Taiwan untuk membuka kedutaan de facto di ibukotanya Vilnius tahun lalu, membuat marah Beijing. China menganggap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya sendiri.

Kementerian luar negeri Taiwan mengutuk langkah terbaru China, yang disebutnya "sepihak" dan "intimidasi" dan contoh terbaru dari Beijing yang mencoba mengubah kebijakan luar negeri Lituania.

"Kami dengan tegas berdiri bersama dengan Lithuania," kata juru bicara kementerian Joanne Ou kepada wartawan.

China adalah importir daging sapi terbesar di dunia, tetapi pengiriman dari Lituania sangat minim. China hanya mengimpor 775 ton daging sapi dari Lithuania pada tahun 2021, dari total 2,36 juta ton tahun itu, menurut data bea cukai China.

Taiwan meningkatkan impor makanannya dari Lituania untuk membantu meringankan dampak pembatasan China, yang terbaru dengan menempatkan pesanan besar untuk rum.

Batch pertama 1.200 botol terjual habis dalam waktu kurang dari satu jam setelah mulai dijual bulan ini.

KEYWORD :

China Impor Daging Sapi Lithuania Sengketa Taiwan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :