Rabu, 24/04/2024 09:40 WIB

Cak Imin Sampaikan Pesan di Pameran 7.100 Produk UMKM Bandung

Tinggal Pemasaran

Abdul Muhaimin Iskandar ditemani Gus Jazil saat tinjau pameran produk UMKM di Bandung

Bandung, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin atau beken disapa Cak Imin) mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Bandung yang terus mendukung pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tak tanggung-tanggung, ada 7.100 produk berbagai jenis yang serius digeluti masyarakat setempat dan dipamerkan dalam Gelar Produk IKM dan Peninjauan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung di DOM Bale Rame, Jalan al-Fathu, Pamekaran, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/2/2022).

“Saya bersyukur bisa melihat 7.100 produk UMKM Bandung, luar biasa. Dari makanan, minuman sampai pakaian ada. Ini luar biasa dan harus terus dikembangkan,” kata Cak Imin.

Tak hanya meninjau, Cak Imin juga mencicip sejumlah produk UMKM Kabupaten Bandung, seperti Sumadira, Bude Gobang Golon, Ladaoi, hingga produk-produk pakaian dan batik.

“Saya sudah coba semua, kualitas dan kemasan semua oke, coba lihat ini (sambil menunjukkan salah satu produk UMKM). Tinggal pemasarannya saja, jaringan pasar, jaringan konsumen ini yang harus dikejar,” tutur Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga sempat mencicipi kopi cokelat produk UMKM Bandung bermerk Coffee Bean.

Ia berujar warga Bandung dan Indonesia secara umum patut bangga karena Coffee Bean sudah diputuskan menjadi salah satu oleh-oleh pemimpin negara-negara maju yang tergabung dalam G20.

“Ini bahkan Coffee Bean, kopi cokelat, ini sudah diputuskan menjadi salah satu pengisi godybag di acara G20, pertemuan negara-negara maju 20 kepala negara di Bali yang akan datang. Selamat kepada Kabupaten Bandung, luar biasa,” tukasnya.

Kualitas produk UMKM tersebut, lanjut Cak Imin, jelas tidak kalah dari produk-produk pabrikan. Meski demikian ia mengakui jika pemasaran produk-produk itu perlu lebih dioptimalkan lagi.

“Dari sisi kualitas produk sudah sangat layak diadu di tingkat nasional maupun internasional. Tinggal satu, pemasaran."

"Pemasaran membutuhkan keberanian, pemasaran membutuhkan keterampilan. Karena itu mari kita bahu membahu mengoptimalkannya,” tegas Cak Imin.

Di sisi lain, Cak Imin menyebut eksistensi UMKM dengan ragam produk khas suatu daerah dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya dalam skala lokal, tapi bisa juga berdampak pada perekonomian nasional jika dikelola dengan baik.

Turut terjun dalam kesempatan itu Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bandung Fraksi PKB, serta puluhan pelaku UMKM Bandung.

KEYWORD :

UMKM Bandung Cak Imin Capres 2024 pemasaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :