Kamis, 25/04/2024 16:52 WIB

Jumlah Kematian akibat COVID-19 di AS Lampaui 900.000 Kasus

Penghitungan terbaru  menandai peningkatan lebih dari 100.000 kematian COVID-19 AS sejak 12 Desember, bertepatan dengan lonjakan infeksi dan rawat inap yang didorong  varian virus Omicron yang sangat menular.

Ilustrasi pemakaman COVID-19. (Foto: Jose Luis Gonzalez/Reuters)

WASHINGTON, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mencatat lebih dari 900.000 orang meninggal secara keseluruhan akibat pandemi COVID-19.

Penghitungan terbaru  menandai peningkatan lebih dari 100.000 kematian COVID-19 AS sejak 12 Desember, bertepatan dengan lonjakan infeksi dan rawat inap yang didorong  varian virus Omicron yang sangat menular.

Bukti awal menunjukkan, meskipun Omicron jauh lebih menular, umumnya menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah daripada iterasi virus sebelumnya, seperti Delta. Tetapi banyaknya kasus Omicron memicu lonjakan rawat inap yang telah membebani banyak sistem perawatan kesehatan AS hingga batasnya dalam beberapa pekan terakhir.

Para ahli mengatakan sebagian besar pasien Omicron yang membutuhkan rawat inap adalah individu yang tidak divaksinasi dan orang-orang dengan kondisi kesehatan kronis lain yang mendasarinya.

Data juga menunjukkan bahwa Omicron mungkin telah memukul AS ebih keras daripada negara-negara lain dengan populasi keseluruhan yang lebih muda, seperti di Afrika.

Pada Jumat, menurut penghitungan data yang dilaporkan negara bagian Reuters, jumlah total nyawa orang Amerika yang hilang karena COVID-19 sejak kasus AS pertama terdeteksi pada awal 2020 telah mencapai setidaknya 904.228, lebih dari seluruh populasi Selatan. Dakota.

Presiden AS Joe Biden, yang tahun pertamanya menjabat telah dirundung pandemi yang terbukti lebih keras dari yang diperkirakan - sebagian karena keraguan banyak orang Amerika untuk divaksinasi - menggunakan kesempatan itu untuk mendesak penyerapan vaksin yang lebih besar.

"Sekitar 250 juta warga AS telah menerima setidaknya satu suntikan, dan sebagai hasilnya kami telah menyelamatkan lebih dari satu juta nyawa orang Amerika," katanya dalam sebuah pernyataan.

Menjelang pelantikannya pada Januari 2021, Biden memimpin peringatan nasional untuk menghormati 400.000 warga AS yang kemudian tewas karena COVID-19, 11 bulan setelah virus merenggut nyawa pertamanya di AS.

Penghitungan terbaru berdiri sebagai jumlah kematian COVID-19 tertinggi yang dilaporkan oleh negara mana pun, diikuti oleh Rusia, Brasil, dan India dengan lebih dari 1,8 juta kematian digabungkan. Dalam hal kematian akibat virus corona per kapita, AS berada di peringkat ke-20, jauh di bawah dua teratas Peru dan Rusia.

Namun demikian, tingkat kematian COVID-19 AS tampaknya melambat karena lonjakan Omicron berkurang. Rata-rata tujuh hari turun selama dua hari berturut-turut menjadi 2.592, dibandingkan dengan rata-rata puncak 2.674 dalam gelombang infeksi saat ini. Sebagai perbandingan, puncak selama gelombang Delta pada Januari 2021 rata-rata 3.300 kematian per hari.

Beberapa pejabat kesehatan masyarakat mengatakan bahwa ketika wabah Omicron surut dan rawat inap menurun, pandemi dapat memasuki fase baru di Amerika Serikat dan di tempat lain.

Di negara bagian Iowa, misalnya, gubernur mengumumkan pada hari Jumat bahwa proklamasi bencana kesehatan masyarakat, dan langkah-langkah keamanan khusus yang menyertainya, akan berakhir pada 15 Februari.

"Flu dan penyakit menular lainnya adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, dan virus corona dapat ditangani dengan cara yang sama," tweet Gubernur Kim Reynolds.

Secara nasional, kasus COVID-19 yang dikonfirmasi sekarang rata-rata 354.000 sehari, setengah dari yang dilaporkan kurang dari dua minggu lalu dan turun dari puncak hampir 806.000 infeksi sehari pada 15 Januari.

"Namun, banyak infeksi tidak terhitung karena terdeteksi oleh alat pengujian di rumah dan tidak dilaporkan ke otoritas kesehatan masyarakat," kata para pejabat.

Selama tujuh hari terakhir, negara bagian yang melaporkan kasus per kapita paling baru adalah Alaska, Kentucky, negara bagian Washington, Carolina Selatan, dan Dakota Utara.

Rawat inap COVID AS saat ini pada Kamis mencapai 117.000 dibandingkan dengan puncaknya hampir 153.000 pada 20 Januari.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Amerika Serikat Kematian COVID-19 Varian Omicron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :