Jum'at, 26/04/2024 00:59 WIB

Ganjar Cerita Soal Pakaian Adat Lampung Saat Bertemu Triawan Munaf

Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Triawan Munaf memuji penampilan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai audiensi di ruang rapat Kantor Gubernur. Saat itu Ganjar berbusana adat Lampung.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

Jakarta, Jurnas.com - Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Triawan Munaf memuji penampilan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai audiensi di ruang rapat Kantor Gubernur, Kamis (27/1/2022). Saat itu Ganjar berbusana adat Lampung.

“Pak Ganjar ini keren banget, baju adat mana?” ujar Triawan usai acara.

“Oh iya, jadi kita itu setiap kamis keempat pakai baju adat Nusantara. Nah hari ini pakai dari Lampung,” kata Ganjar.

Memang sudah jadi tradisi bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengenakan baju adat Nusantara di hari Kamis keempat tiap bulannya. Ganjar pun selalu tampil dengan busana adat dari penjuru nusantara.

Kamis kali ini, Ganjar mengenakan pakaian adat Lampung. Dipadukan pakaian berwarna hitam, Ganjar nampak gagah dalam balutan sarung tapis Lampung. Selain itu, Ganjar juga menggunakan kopiah yang diberikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat berkunjung ke Lampung pekan lalu.

“Ini kemarin waktu di Lampung saya dikasih ini, sarung dan kopiah. Sebenarnya ada kerisnya juga,” ucap Ganjar.

Pada pertemuan itu, Ganjar bersama Triawan Munaf membahas kolaborasi pengembangan tiga aspek di Jawa Tengah. Tiga aspek tersebut yakni Borobudur, Kota Lama, dan Bandara.

“Buat saya ini energi luar biasa, jadi Aviasi (PT Aviasi Pariwisata Indonesia) datang terus kemudian mengonsolidasikan banyak kekuatan, ada bandaranya, hotelnya, destinasinya. Kalau sudah jadi satu, harapan kita nanti juga secara komunikasi dan manajerialnya lebih gampang,” katanya.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney adalah Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung. Anggotanya terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero).

“Pariwisata mesti kita siapkan. Saya tadi menyampaikan kepada beliau-beliau untuk kita menyiapkan event. Jadi create event agar di tengah pandemi ini nggak kosong-kosong amat, tapi massal juga nggak boleh. Maka terbatas, sehingga sangat bisa dikontrol,” kata Ganjar.

Dia berharap audiensi di tengah peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron ini, menghasilkan persiapan yang lebih matang. Pada Maret yang diprediksi kasus melandai, pelaksanaannya bisa digaspol.

“Mudah-mudahan omicron bisa melandai nanti di bulan Maret kira-kira, kemudian Februari ini kita siapkan dengan matang. Kita kolaborasi bareng-bareng dengan pemkab juga, pelaku wisatanya juga, maka Maret kita siap dengan berbagai kegiatan. Ya makasihlah sudah banyak dukungan,” tandas Ganjar.

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), Dony Oskaria mengatakan, tiga aspek tersebut jadi prioritasnya setelah diskusi dengan berbagai stakeholder pusat maupun daerah. Khusus Borobudur, karena salah satu destinasi superprioritas di Indonesia.

"Kedua adalah Kota Lama Semarang. Ini hasil diskusi yang kami lihat kemarin, bahwa ini merupakan salah satu kota terbaik yang pernah kita lihat, karena sudah terintegrasi dan fasilitasnya juga sudah dikembangkan dengan sangat baik,” ujar Dony.

Apalagi di Kota Lama terdapat 32 bangunan yang dimiliki BUMN. Harapannya bisa memberikan kontribusi untuk menambah eksotisme yang sudah ada di Kota Lama.

“Ketiga tentu bandara, bagaimana aksesibilitas mampu juga diharapkan oleh BUMN menjadi pusat bagi UMKM Jawa Tengah. Jadi tidak hanya kita mengambil produk yang sudah besar, tetapi kita harapkan juga jadi tempat UMKM kita untuk melakukan transaksi,” tandasnya.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Triawan Munaf berharap, dari pertemuan ini, InJourney sebagai holding yang membawahi Aviasi dan Pariwisata bisa memberikan kontribusi lebih banyak untuk geliat ekonomi di Jateng pascapandemi.

“Holding ini akan menyinergikan aset dari BUMN di bidang aviasi dan pariwisata, untuk kita bisa maksimalkan kontribusi kita ke pariwisata. Terutama nanti pascacovid, sehingga kita bisa bangkit lebih cepat dan lebih kuat,” tegasnya.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Pakaian Adat Lampung Pariwisata Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :