Rabu, 24/04/2024 07:50 WIB

Xi Jinping: Saya Tak Peduli Berapa Banyak Emas yang akan Dimenangkan China

Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing, China, 25 Januari 2022. (Foto: Xinhua via Reuters/Zhang Ling)

BEIJING, Jurnas.com - Kemeriahan menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing bulan depan sedang berlangsung di China, tetapi Presiden Xi Jinping tampaknya mengecilkan fokus pada perolehan medali.

"Saya tidak peduli berapa banyak medali emas yang diraih atlet China kali ini, saya lebih peduli dengan motivasi dan vitalitas yang akan disuntikkan ke dalam diri kita di masa depan," kata Xi kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, Selasa (25/1).

Sebaliknya, Xi mengatakan dalam video yang diterbitkan pada Rabu penyiar CCTV negaranya lebih tertarik meningkatkan partisipasi olahraga, mengacu pada janji Beijing 2022 yang banyak dipublikasikan untuk membuat 300 juta orang China berpartisipasi dalam olahraga musim dingin.

China mengatakan awal bulan ini bahwa tujuan ini telah terlampaui, namun belum memberikan banyak detail tentang apa yang dimaksud dengan partisipasi.

"Popularitas olahraga es dan salju sebenarnya merupakan peningkatan kekuatan olahraga bangsa," kata Xi kepada Bach.

Negeri Tirai Bambu itu menjadi kelompok di Olimpiade Musim Panas, secara teratur finis di dekat puncak tabel medali dan bahkan menduduki puncaknya untuk pertama kalinya ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2008, dengan rekor 48 medali emas.

Olimpiade Musim Dingin, yang akan digelar Beijing dari 4-20 Februari, adalah cerita yang berbeda.

Pertunjukan terbaik China adalah pada tahun 2010 di Vancouver, di mana ia memenangkan 11 medali termasuk lima emas. Empat tahun lalu di Pyeongchang, Cina hanya memenangkan satu emas, dalam skating kecepatan lintasan pendek 500m putra, menempatkan mereka di urutan ke-16 dalam tabel perolehan medali.

Namun, China telah banyak berinvestasi dalam olahraga musim dingin sejak memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2015. analis Nielsen Gracenote memperkirakan bahwa China dapat meraih 6 medali emas terbaik yang pernah ada bulan depan.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Olimpiade Musim Dingin Beijing China Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :