Kamis, 25/04/2024 02:39 WIB

AS Tahan Kapal Penyelundup Iran di Teluk Oman

Pihak berwenang mengatakan, kapal itu sebelumnya telah disita di lepas pantai Somalia dan ditemukan tahun lalu memuat ribuan senapan serbu dan peluncur roket, di antara senjata lainnya.

Angkatan Laut mengatakan mereka menaiki dan menggeledah kapal, yang tahun lalu tertangkap membawa ribuan senjata dan diserahkan kepada penjaga pantai Yaman. (File/AFP)

DUBAI, Jurnas.com - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan, menyita kapal di Teluk Oman yang membawa pupuk yang digunakan membuat bahan peledak yang tertangkap tahun lalu menyelundupkan senjata ke Yaman.

Dikutip dari Arab News, Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berpangkalan di Timur Tengah mengatakan, kapal perusak berpeluru kendali USS Cole dan kapal patroli menghentikan dan menggeledah perahu layar, kapal penangkap ikan tanpa kewarganegaraan.

Kapal tersebut, berlayar dari Iran dengan rute penyelundupan senjata maritim yang lama ke Yaman yang dilanda perang Selasa lalu. Pasukan AS menemukan 40 ton pupuk urea, yang dikenal sebagai bahan utama dalam alat peledak rakitan buatan sendiri, tersembunyi di kapal.

Pihak berwenang mengatakan, kapal itu sebelumnya telah disita di lepas pantai Somalia dan ditemukan tahun lalu memuat ribuan senapan serbu dan peluncur roket, di antara senjata lainnya.

Pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, senjata dengan karakteristik teknis seperti itu kemungkinan berasal dari Iran untuk mendukung pemberontak Houthi.

Angkatan Laut menyerahkan kapal, kargo, dan awak Yaman ke penjaga pantai Yaman awal pekan ini.

Yaman dibanjiri dengan senjata kecil yang telah diselundupkan ke pelabuhan-pelabuhan negara yang tidak terkontrol dengan baik selama konflik bertahun-tahun.

Sejak 2015, pemberontak Houthi yang didukung Iran telah memerangi koalisi militer yang dipimpin Saudi untuk menguasai negara itu. Iran mengatakan secara politis mendukung pemberontak tetapi menyangkal mempersenjatai mereka, meskipun ada bukti sebaliknya.

Senjata yang diselundupkan telah membantu Houthi mendapatkan keunggulan melawan koalisi pimpinan Arab Saudi dalam perang tujuh tahun.

Kekerasan telah meningkat secara drastis selama seminggu terakhir di tengah upaya internasional yang terhenti untuk menengahi perdamaian. Menyusul serangan pesawat tak berawak mematikan yang diklaim oleh pemberontak di Abu Dhabi, di Uni Emirat Arab.

Para pejabat juga mengungkapkan pada Minggu, sebuah kapal angkatan laut kerajaan Inggris telah menyita sejumlah besar obat-obatan terlarang senilai sekitar $26 juta dari sebuah kapal yang berlayar melalui Teluk Oman pada 15 Januari.

HMS Montrose menyita 663 kilogram (1.461 pon) heroin, 87 kilogram (191 pon) metamfetamin dan 291 kilogram (641 pon) hashish dan mariyuana, kata satuan tugas maritim bersama dalam sebuah pernyataan.

KEYWORD :

kapal penyelundup Iran pupuk urea Amerika Serikat Teluk Oman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :