Selasa, 16/04/2024 16:47 WIB

Bantuan Kemanusiaan untuk Tonga Mulai Berdatangan

Kapal penopang maritim Selandia Baru HMNZS Aotearoa yang membawa 250.000 liter air dan mampu menghasilkan 70.000 liter per hari melalui pabrik desalinasi, diperkirakan akan tiba di Tonga pada hari Jumat.

Sebuah C-130 Hercules Angkatan Udara Kerajaan Selandia Baru dikerahkan ke Tonga dengan bantuan untuk membantu negara yang hancur akibat letusan dan tsunami terdekat di Auckland, Selandia Baru pada 20 Januari 2022. (Foto: CPL Dillon Anderson/Angkatan Pertahanan Selandia Baru /Handout melalui Reuters).

WELLINGTON, Jurnas.com - Lebih banyak kapal dan pesawat yang membawa bantuan akan tiba di Tonga dalam beberapa hari mendatang untuk menyalurkan bantuan mendesak pasca letusan gunung berapi dan tsunami yang menghancurkan.

Penerbangan pertama dari Australia dan Selandia Baru mendarat di Tonga pada Kamis (20/1) dengan pasokan air yang sangat dibutuhkan untuk sanitasi dan kebersihan serta tempat berlindung, peralatan komunikasi, dan pembangkit listrik.

Kapal penopang maritim Selandia Baru HMNZS Aotearoa yang membawa 250.000 liter air dan mampu menghasilkan 70.000 liter per hari melalui pabrik desalinasi, diperkirakan akan tiba di Tonga pada hari Jumat.

Penerbangan bantuan Australia kedua harus kembali pada Kamis karena masalah dalam penerbangan dan sekarang diharapkan hari ini, Komisi Tinggi Australia di Tonga mengatakan di Facebook.

Lebih banyak bantuan sedang dalam perjalanan dengan HMAS Adelaide dalam perjalanan dari Brisbane dan akan tiba di Tonga minggu depan, katanya.

Gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha`apai meletus dengan ledakan yang memekakkan telinga pada hari Sabtu, memicu tsunami yang menghancurkan desa-desa, resor dan banyak bangunan dan memutus komunikasi bagi negara berpenduduk sekitar 105.000 orang.

Tiga orang dilaporkan tewas, kata pihak berwenang.

Abu telah menyelimuti nusantara dan merusak sebagian besar air minumnya.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan dalam sebuah pengarahan, Tonga meminta bantuan mendesak dan badan tersebut berhubungan dekat dengan pihak berwenang. "Tim penilai telah mencapai sebagian besar negara, termasuk pulau-pulau terpencil dan terisolasi," kata Dujarric.

"Kami tetap sangat prihatin dengan akses ke air bersih untuk 50.000 orang di seluruh negeri. Pengujian kualitas air terus berlanjut, dan kebanyakan orang mengandalkan air kemasan," katanya.

Sekitar 60.000 orang telah terkena dampak kerusakan tanaman, ternak, dan perikanan akibat hujan abu, intrusi air asin dan potensi hujan asam, kata Dujarric.

Ada juga laporan kelangkaan bahan bakar, tambahnya.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan pada hari Jumat bahwa sumbangan tunai ke Tonga untuk bantuan kemanusiaan segera - Australia telah menyumbangkan US$1 juta - perlu diikuti dengan dukungan yang lebih substansial untuk pembangunan kembali.

"Dampak letusan gunung berapi ini dan tsunami berikutnya serta kerusakan akibat genangan akan menjadi tantangan berkelanjutan bagi Tonga, khususnya terkait infrastruktur," katanya kepada radio Australia, menambahkan bahwa Selandia Baru dan Fiji juga bekerja sama dengan Tonga

Hubungan telepon antara Tonga dan dunia luar tersambung kembali pada Rabu malam, meskipun pemulihan layanan Internet penuh kemungkinan akan memakan waktu satu bulan atau lebih.

Tonga telah beralih ke media sosial untuk memposting gambar kehancuran akibat tsunami dan memberikan laporan tentang keterkejutan mereka setelah ledakan besar.

Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA mengatakan kekuatan letusan itu diperkirakan setara dengan lima hingga 10 megaton TNT, atau lebih dari 500 kali bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat di kota Hiroshima, Jepang, pada akhir Agustus. Perang Dunia Dua.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Tonga Bantuan Kemanusiaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :