Jum'at, 19/04/2024 10:47 WIB

Pimpinan DPD dan Dubes Republik Ceko Bahas Kerjasama Bilateral

Terima kasih atas kunjungannya ke DPD RI. Kami menyambut antusias atas keinginan Pemerintah Ceko untuk melakukan kerjasama perdagangan, pendidikan, dan digital.

Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin menerima Dubes Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek. (Foto: Humas DPD RI)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menerima kunjungan dari Duta Besar Republik Ceko Untuk Indonesia Jaroslav Dolecek. Pertemuan yang berlangsung di Ruang Delegasi Pimpinan DPD ini membahas isu-isu strategis mengenai kerjasama bilateral.

“Terima kasih atas kunjungannya ke DPD RI. Kami menyambut antusias atas keinginan Pemerintah Ceko untuk melakukan kerjasama perdagangan, pendidikan, dan digital,” ucap di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (20/1).

Senator asal Bengkulu ini juga menyampaikan langkah Pemerintah Indonesia yang mampu menangani penyebaran Covid-19 Varian Delta yang terjadi pada tahun lalu. Termasuk untuk varian Omicron yang mulai merebak, dirinya juga yakin Indonesia akan segera mengatasinya.

“Infonya Omicron di Indonesia tidak separah saat varian Delta pada tahun lalu. Kami yakin pemerintah akan segera mengatasinya,” ujarnya.

Sultan menambahkan, Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Sekaligus negara yang memiliki suku, budaya, dan pulau terbanyak di dunia sehingga mampu menarik wisatawan dari negara Ceko.

“Begitu banyak suku, budaya, dan pulau di Indonesia, sehingga Pak Dubes bisa mengunjungi keindahan di Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BKSP DPD, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik atas keinginan Republik Ceko dalam kerjasama di bidang perdagangan, pendidikan, dan digital.

“Kerjasama ini sangat menarik terutama untuk di daerah saya yaitu Sulawesi Tenggara,” harapnya.

Senator asal Sulawesi Tenggara ini mengharapkan Pemerintah Ceko bisa segera memfasilitasi kerjasama ini khususnya perdagangan. Lantaran, sejauh ini banyak para pelaku usaha untuk menemukan pembeli dari luar yang terpercaya.

“Kami sangat menanti kerjasama ini bukan hanya dari sektor perdagangan, tapi juga dari budaya. Selama ini pelaku usaha sulit menemukan pembeli dari luar yang dapat dipercaya,” cetusnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua BKSP DPD RI Ali Ridho Azhari mengajak Dubes Republik Ceko untuk mengunjungi Provinsi Banten. Menurutnya di Banten memiliki Suku Badui yang masih alami yang patut di kunjungi.

“Pak Dubes harus mengunjungi Suku Badui, karena di sana masih alami dan tidak ada Covid,” harapnya.

Duta Besar Republik Ceko Untuk Indonesia Jaroslav Dolecek menyambut baik usulan-usulan dari para senator. Pihaknya juga berencana akan melakukan kerjasama baik di bidang perdagangan, pendidikan, dan digital.

“Kami berencana akan mengudang pihak swasta dan non swasta untuk datang ke Indonesia untuk membicarakan kerjasama kedua negara,” tuturnya.

Jaroslav juga mengakui bahwa saat ini senang mengunjungi daerah-daerah di Indonesia. Ia mengakui keberagaman suku dan budaya di Indonesia yang luar biasa.

“Saya senang mengunjungi daerah-daerah di Indonesia yang beragam suku dan budaya. Saya juga suka berdiskusi dengan gubernur dan masyarakat untuk membicarakan kerjasama,” ujarnya.

KEYWORD :

Warta DPD Sultan B Najamudin Republik Ceko Jaroslav Dolecek Omicron Covid-19 kerjasama bilater




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :