Jum'at, 19/04/2024 01:07 WIB

Lukai Hati Suku Sunda, Repdem Jabar Minta Arteria Dahlan Minta Maaf

Bahasa Daerah Kekayaan Bangsa Indonesia

Sheldy Lazuardi, Sekretaris Repdem Jawa Barat

Bandung, Jurnas.com - Pernyataan Arteria Dahlan dalam Rapat dengar pendapat dengan Kejagung yang mempersoalkan bahasa Sunda dipakai oleh Kejari saat Rapat di Komisi III DPR berbuntut panjang.

Sekretaris DPD Repdem provinsi Jawa Barat Sheldy Lazuardi mengatakan, Arteria Dahlan sebaiknya segera meminta maaf kepada masyarakat Jabar karena mereka terluka hatinya atas pernyataan tersebut.

"Pernyataan Arteria Dahlan ini bisa merusak program Jabar Juara di 2024 yang dicanangkan DPD PDI Perjuangan provinsi Jawa Barat," ujar Sheldy, Kamis (20/1/2022).

Kata Sheldy, seluruh jajaran pengurus PDI Perjuangan, Badan dan Sayap Partai telah bekerja keras untuk mewujudkan PDI Perjuangan untuk menjadi Juara di tanah Pasundan, dengan pembenahan pembenahan Organisasi yg telah dan sedang dilakukan.

Repdem sebagai salah satu sayap partai, lanjut Sheldy, sedang menjalankan amanat dari Rakernas PDI Perjuangan dengan 5 Mantab, salah satunya Mantab Organisasi, dan Amanat Rakernas Repdem untuk percepatan pembenahan Organisasi di daerahnya, DPD Repdem sedang mengadakan Rakercab di 27 Kabupaten Kota yg ada diJawa Barat guna memantapkan struktur sampai ke tingkat Komisariat dan mencari kader kader yg bukan dari dalam Internal Partai.

Dengan fenomena seperti ini, menurut Sheldy, pernyataan Arteria yg juga adalah kader PDI Perjuangan yang juga menjadi anggota DPR RI itu sangat menyulitkan konsolidasi pengkaderan di Jawa Barat.

Karena di dalam hati warga Jawa Barat seakan akan penggunaan Bahasa Sunda dalam rapat adalah kesalahan berat yang meminta Kejagung mencopot Kajati dari jabatannya hanya karena menyelipkan bahasa Sunda dalam rapat.

"Itu sama saja mensejajarkan bahasa Sunda dengan Korupsi dan kesalahan berat lainnya, sehingga seseorang bisa dicopot dari jabatannya," tegas Sheldy.

Sekretaris DPD Repdem Provinsi Jawa Barat ini menegaskan, sebenarnya tidak ada masalah siapapun berbahasa daerah. Itu kekayaan nasional yang kita banggakan.

PDI Perjuangan, lanjut Sheldy, sangat menjunjung prinsip kebhinekaan. Siapa pun kader PDI Perjuangan wajib menjalankan disiplin Ideologi termasuk tentang Kebhinekaan, dan apa yg diucapkan oleh Arteria Dahlan membuat sakit hati Masyarakat di Jawa Barat.

"Alangkah bijaknya apabila Arteria pada saat itu meminta kepada Kejagung memberikan himbauan kepada Kajati-Kajatinya untuk tidak mengunakan bahasa daerah pada saat rapat tanpa menyebut Suku tertentu."

"Untuk itu DPD Repdem Provinsi Jawa Barat menghimbau Arteria Dahlan meminta maaf ke seluruh warga Jawa Barat atas pernyataannya tersebut," tuntas Sheldy, Sekretaris Repdem Jawa Barat.

KEYWORD :

Bahasa Sunda Arteria Dahlan Repdem Jabar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :