Jum'at, 19/04/2024 06:46 WIB

Amankan Piala Dunia, Turki Kirim 3.250 Tentara ke Qatar

Turki akan mengirim 3.250 petugas keamanan ke Qatar untuk Piala Dunia 2022, yang dimulai pada November tahun ini. Demikian keterangan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu. (File / Reuters)

Ankara, Jurnas.com - Turki akan mengirim 3.250 petugas keamanan ke Qatar untuk Piala Dunia 2022, yang dimulai pada November tahun ini. Demikian keterangan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu.

Dikutip dari Aljazeera pada Rabu (19/1), dia menambahkan bahwa Ankara juga telah melatih personel keamanan Qatar menjelang kompetisi.

Soylu mengatakan mereka yang akan dikerahkan selama turnamen termasuk 3.000 petugas polisi anti huru hara, 100 pasukan khusus Turki, 50 anjing pendeteksi bom dan operatornya, 50 ahli bom dan staf lainnya.

"Sebanyak 3.250 personel kami akan bekerja sementara di Qatar pada November dan Desember selama 45 hari untuk Piala Dunia," jelas Soylu.

"Pada acara ini, yang diperkirakan akan dihadiri lebih dari satu juta penggemar dari seluruh dunia, personel kami akan memastikan keamanan," lanjut dia.

Soylu menambahkan bahwa Turki juga telah melatih 677 personel keamanan Qatar di 38 bidang profesional yang berbeda, tanpa merinci secara spesifik.

Dia juga tidak merinci apa yang akan menjadi bagian dari penempatan Turki dalam keseluruhan staf keamanan acara di turnamen.

Turki dan Qatar memperkuat hubungan dalam beberapa tahun terakhir, di mana Ankara mendukung Doha dalam perselisihannya dengan negara-negara Teluk lainnya. Kedua belah pihak telah sering bekerja sama dalam masalah komersial, militer dan ekonomi.

Ankara telah melatih personel keamanan Qatar dan menahan pasukan militer dan pangkalan di negara itu, sesuai dengan perjanjian yang ditandatangani dengan Doha dalam 10 tahun terakhir.

KEYWORD :

Turki Qatar Piala Dunia Pasukan Pengamanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :