Rabu, 24/04/2024 01:38 WIB

Buka Musda, AHY Minta Kader Demokrat Jabar Jaga Kekompakan Hadapi Pemilu 2024

Tak hanya itu, AHY juga meminta semua kader bersama-sama dapat membesarkan Partai Demokrat. Di pemilu 2024 mendatang, setiap kader harus mempunyai komitmen bagaimana memenangkan Partai Demokrat.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Dok. Antara)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Demorkat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali mengingatkan para kader Partai Demokrat soal pentingnya menjaga kekompakan dan kekeluargaan. Kekompakan dipercaya AHY akan mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di pemilu 2024.

Tak hanya itu, AHY juga meminta semua kader bersama-sama dapat membesarkan Partai Demokrat. Di pemilu 2024 mendatang, setiap kader harus mempunyai komitmen bagaimana memenangkan Partai Demokrat.

Penegasan itu disampaikan  AHY secara virtual dalam pembukaan Musda Ke-5 Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung Jawa Barat.

"Dengan kompak dan bersatu kita bisa menghadapi segala rintangan. Semua itu sudah kita lalui bersama-sama," tegasnya.

AHY juga berpesan agar menjadikan Musda sebagai ajang Konsolidasi internal partai, utamanya menghadapi pemilu 2024. "Musda jangan terpecah belah, karena setiap orang punya kelebihan dan punya kekurangan, sehingga saling mengisi dan melengkapi. Demokrat sebagai rumah besar berikan contoh kepada rakyat," jelas dia.

AHY melanjutkan, Demokrat adalah partai yang demokratis beretika, sehingga harus menunjukan sikap yang baik. Harapannya di Musda dapat melahirkan gagasan konsep untuk kebesaran partai.

"Kita harapkan Musda dapat melahirkan ide, gagasan, dan  konsep bagaimana punya visi dan misi membesarkan prrtai, apalagi menghadapi pemilu 2024 nanti," papar AHY.

Untuk itu, AHY meminta para kader untuk menangkan Partai Demokrat di Jawa Barat. "Jawa Barat harus keluar sebagai partai pemenang. Musda ke-5 harus menjadi momentum agar Demokrat semakin solid dan siap memiliki kekuatan mencapai target politik kita," katanya.

"Berbicara partai politik, bahwa Partai Demokrat untuk memperjuangkan harapan rakyat. Kita gelorakan Partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat, dengan aksi nyata. Salah satu contoh awal masa pandemi covid gerakan peduli corona, turun langsung ke masyarakat memberikan bantuan,"imbuh AHY.

Sementara itu, Ketua SC Asep Wahyuwijaya, SH.,M.IPol mengatakan bahwa Musda adalah ajang untuk melaksanakan konsolidasi di tingkat daerah dalam rangka jelang Pemilu 2024. Setelah Musda DPD selanjutnya mempunyai agenda  Musyawarah Cabang di tingkat DPC, kemudian musyarawah di tingkat pengurus ranting.

Hal tersebut berdasarkan pada Surat Pemberitahuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Nomor : 01/BPOKK/DPP-PD/I/2022 tentang pemberitahuan pelaksanaan Musda Provinsi Jawa Barat, tanggal 14 Januari 2022.

Anggota DPRD Jabar ini melanjutkan, sebagaimana dimaksudkan dalam surat tersebut sebagai upaya menyukseskan konsolidasi organisasi internal Partai Demokrat.

"Bahwa prinsip dasar pelaksanaan Musda ini yaitu; Pertama sebagai momentum konsolidasi untuk memperkuat dan menyolidkan struktur kepartaian dalam menghadapi momentum politik kedepan," ujarnya.

"Kedua  sebagai harmonisasi ide serta gagasan para kader dalam  menghadapi tantangan serta arah pembangunan partai yang nantinya tertuang dalam program kerja. Ketiga sebagai ajang rekonsiliasi dalam menyatukan perbedaan pandangan yang ada," katanya.

Sehingga ketiga aspek itulah yang membedakan dengan Musda-musda sebelumnya. Menurutnya selain menjadi forum musyawarah yang bersifat strategis dalam menentukan arah kebijakan partai kedepan.

Seperti diketahui, sejauh ini ada dua nama yang akan ikut pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat, yakni incumbent Ketua DPD Jawa Barat Irfan Suryanagara dan Anggota DPR RI Anton Suratto.

KEYWORD :

Demokrat Musyawarah Daerah Musda Jabar Jawa Barat Agus Harimurti Yudhoyono AHY




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :