Jum'at, 19/04/2024 14:07 WIB

WHO: Omicron, Virus yang Berbahaya Bagi Orang Tidak Divaksin

Lebih dari 90 negara belum memenuhi target vaksinasi 40 persen dari populasi mereka dan lebih dari 85 persen orang di Afrika belum menerima dosis tunggal.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

JENEWA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, varian Omicron yang sangat menular menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada strain Delta tetapi tetap menjadi virus berbahaya, terutama bagi yang tidak divaksinasi.

Berbicara pada jumpa pers, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, lebih dari 90 negara belum memenuhi target vaksinasi 40 persen dari populasi mereka dan lebih dari 85 persen orang di Afrika belum menerima dosis tunggal.

"Kita tidak boleh membiarkan virus ini naik bebas atau mengibarkan bendera putih, terutama ketika begitu banyak orang di seluruh dunia tetap tidak divaksinasi," katanya dikutip dari Reuters, Kamis (13/1).

Dalam laporan epidemiologi mingguannya pada Selasa (11/1), WHO mengatakan kasus meningkat sebesar 55 persen, atau 15 juta, dalam seminggu hingga 9 Januari dari seminggu sebelumnya - sejauh ini kasus terbanyak dilaporkan dalam satu minggu.

"Lonjakan besar dalam infeksi ini didorong oleh varian Omicron, yang dengan cepat menggantikan Delta di hampir semua negara," kata Tedros.

Ia mengatakan mayoritas orang yang dirawat di rumah sakit di seluruh dunia dengan COVID-19 tidak divaksinasi dan jika penularan tidak dibatasi, ada risiko lebih besar dari varian lain yang muncul yang bahkan bisa lebih menular, dan lebih mematikan, daripada Omicron.

KEYWORD :

Varian Omicron Pandemi COVID-19 Delta WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :