Kamis, 25/04/2024 14:58 WIB

Jepang Hadapi Infeksi COVID-19 Tertinggi dalam 4 Bulan

Kasus baru berjumlah 2.198 di ibu kota Tokyo, sementara prefektur barat Osaka mencatat 1.711, hampir tiga kali lipat dari hari sebelumnya. Itu menandai level tertinggi sejak awal September.

Pejalan kaki yang mengenakan masker pelindung, di tengah pandemi COVID-19, terlihat di sebuah distrik perbelanjaan di Osaka, Jepang, 7 April 2021. (Foto file: Reuters/Kyodo)

TOKYO, Jurnas.com - Jepang mencatat lonjakan kasus virus corona (COVID-19) baru pada Rabu (12/1). Negara tersebut menghadapi infeksi tertinggi dalam empat bulan dengan kota metropolitan utama Tokyo dan Osaka sebagai penyumbang besar.

Dikutip dari Reuters, kasus baru berjumlah 2.198 di ibu kota Tokyo, sementara prefektur barat Osaka mencatat 1.711, hampir tiga kali lipat dari hari sebelumnya. Itu menandai level tertinggi sejak awal September.

Menurut penghitungan oleh penyiar TBS, Kasus COVID-19 di seluruh Jepang akan melebihi 10.000 pada Rabu. Penghitungan itu akan menjadi jumlah infeksi tertinggi di Jepang dalam satu hari sejak 9 September.

"Kita harus bersiap untuk penyebaran infeksi yang cepat untuk terus berlanjut," kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan, mencatat bahwa varian Omicron telah ditemukan di sebagian besar wilayah negara itu.

Pada hari Minggu, Jepang meningkatkan pembatasan virus corona di tiga wilayah yang menjadi tuan rumah fasilitas militer Amerika Serikat (AS), setelah tampaknya wabah Omicron di pangkalan menyebar ke komunitas sekitarnya.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan pada Selasa bahwa Jepang akan mempertahankan pembatasan perbatasan yang ketat hingga Februari untuk memperlambat penyebaran Omicron.

KEYWORD :

Varian Omicron Jepang Kasus COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :