Sabtu, 20/04/2024 04:06 WIB

Amerika Serikat Gelontorkan US$308 Juta untuk Afghanistan

Penderitaan rakyat Afghanistan adalah salah satu krisis kemanusiaan yang paling cepat berkembang di dunia, menurut badan-badan bantuan PBB

Warga Afghanistan meneriakkan slogan-slogan selama demonstrasi anti-Pakistan, dekat kedutaan Pakistan di Kabul, Afghanistan, 7 September 2021. (Foto: AP/Wali Sabawoon)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) umumkan mengalokasikan bantuan kemanusiaan lebih dari USD308 juta untuk rakyat Afghanistan.

"Program ini membawa total bantuan kemanusiaan AS di Afghanistan dan pengungsi Afghanistan di kawasan itu menjadi hampir USD782 juta sejak Oktober 2021, dan kami tetap menjadi satu-satunya donor bantuan kemanusiaan terbesar di Afghanistan," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Emily Horne dalam sebuah pernyataan.

Washington juga akan memberikan Afghanistan satu juta dosis vaksin Covid-19 tambahan melalui fasilitas COVAX, sehingga totalnya menjadi 4,3 juta dosis, kata Horne.

"AS berkomitmen untuk mendukung rakyat Afghanistan dan kami terus mempertimbangkan semua opsi yang tersedia bagi kami. Kami mendukung rakyat Afghanistan," imbuh dia.

Penderitaan rakyat Afghanistan adalah salah satu krisis kemanusiaan yang paling cepat berkembang di dunia, menurut badan-badan bantuan PBB.

PBB dan mitranya pada Selasa mengalokasikan dana lebih dari USD5 miliar untuk membantu masyarakat Afghanistan.

Taliban mengambil alih pemerintah Afghanistan pada Agustus menjelang penarikan AS dari negara itu.(AA)

KEYWORD :

Afghanistan Amerika Serikat PBB Bantuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :