Selasa, 23/04/2024 15:25 WIB

Sukses Luncurkan Rudal Hipersonik, Kim Jong Un Minta Kemampuan Militer Diperkuat

Kim mendesak para ilmuwan militer untuk lebih mempercepat upaya membangun kekuatan militer strategis negara itu baik dalam kualitas maupun kuantitas dan lebih jauh memodernisasi tentara. 

auto_awesome Terjemahkan dari: Indonesia 654 / 5.000 Hasil terjemahan Foto ini disediakan oleh pemerintah Korea Utara, menunjukkan apa yang dikatakan peluncuran uji coba rudal hipersonik di Korea Utara Rabu, 5 Januari 2022. (KCNA via KNS)

SEOUL, Jurnas.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menyerukan untuk meningkatkan kekuatan militer strategis negaranya saat ikut langsung menyaksikan uji coba rudal hipersonik.

Pada Selasa (11/1) pihak berwenang di Korea Selatan dan Jepang mendeteksi peluncuran yang dicurigai, yang mendapat kecaman oleh pihak berwenang di seluruh dunia dan memicu ekspresi keprihatinan dari sekretaris jenderal PBB.

Uji coba kedua rudal hipersonik dalam waktu kurang dari seminggu menggarisbawahi sumpah Tahun Baru Kim untuk memperkuat militer dengan teknologi mutakhir pada saat pembicaraan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) terhenti.

KCNA melaporkan pada Rabu (12/1), setelah menyaksikan tes tersebut, Kim mendesak para ilmuwan militer untuk lebih mempercepat upaya membangun kekuatan militer strategis negara itu baik dalam kualitas maupun kuantitas dan lebih jauh memodernisasi tentara. 

Ini adalah pertama kalinya sejak Maret 2020 Kim secara resmi menghadiri uji coba rudal.

"Kehadirannya di sini akan menyarankan perhatian khusus pada program ini," kata Ankit Panda, seorang rekan senior di Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di AS, memposting di Twitter.

Tidak seperti beberapa tes baru-baru ini, surat kabar partai yang berkuasa Rodong Sinmun menerbitkan foto-foto Kim yang menghadiri peluncuran di halaman depannya.

"Sementara Kim mungkin secara tidak resmi menghadiri tes lain untuk sementara, penampilan ini dan fitur Page One-nya di Rodong Sinmun adalah penting," kata Chad O`Carroll, kepala eksekutif Grup Risiko Korea, yang memantau Korea Utara.

"Itu berarti Kim tidak khawatir terkait secara pribadi (dengan) tes teknologi baru yang besar. Dan tidak peduli bagaimana AS melihat ini," sambungnya.

Resolusi Dewan Keamanan PBB melarang semua uji coba rudal balistik dan nuklir Korea Utara dan telah menjatuhkan sanksi atas program tersebut.

Pembicaraan yang bertujuan membujuk Korea Utara menyerah atau membatasi persenjataan senjata nuklir dan misilnya terhenti. Pyongyang mengatakan pihaknya terbuka untuk diplomasi jika AS dan sekutunya menghentikan kebijakan bermusuhan seperti sanksi atau latihan militer.

Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Politik Victoria Nuland menyebut peluncuran itu berbahaya dan tidak stabil. "Ini jelas membawa kita ke arah yang salah," katanya pada briefing reguler di Washington pada hari Selasa.

"Seperti yang Anda ketahui, AS telah mengatakan sejak pemerintahan ini datang bahwa kami terbuka untuk berdialog dengan Korea Utara, bahwa kami terbuka untuk berbicara tentang COVID dan dukungan kemanusiaan, dan sebaliknya mereka menembakkan rudal."

Uni Eropa pada hari Selasa mengutuk peluncuran rudal terbaru Korea Utara sebagai "ancaman bagi perdamaian dan keamanan internasional" dan meminta Pyongyang untuk melanjutkan diplomasi.

Terlepas dari namanya, para analis mengatakan fitur utama senjata hipersonik bukanlah kecepatan yang terkadang dapat ditandingi atau dilampaui oleh hulu ledak rudal balistik tradisional tetapi kemampuan manuvernya, yang menjadikannya ancaman akut bagi sistem pertahanan rudal.

Foto-foto yang dirilis media pemerintah menunjukkan jenis rudal dan hulu ledak yang sama yang pertama kali diuji minggu lalu, kata para analis. "Uji coba itu ditujukan untuk verifikasi akhir dari spesifikasi teknis keseluruhan dari sistem senjata hipersonik yang dikembangkan," lapor KCNA.

Setelah dilepaskan dari pendorong roket, sebuah kendaraan luncur hipersonik melakukan penerbangan meluncur sejauh 600 km dan kemudian manuver pembuka botol sejauh 240 km sebelum mencapai sasaran di laut yang jauhnya 1.000 km, kata laporan itu.

Pejabat Korea Selatan telah mempertanyakan kemampuan rudal tersebut setelah uji coba pertama pekan lalu, dengan mengatakan bahwa rudal itu tampaknya tidak menunjukkan jangkauan dan kemampuan manuver yang diklaim dalam laporan media pemerintah dan menampilkan hulu ledak yang dapat bermanuver daripada kendaraan luncur yang sebenarnya.

Pada Selasa, Korea Selatan mengatakan tes kedua tampaknya menunjukkan peningkatan kinerja, dengan rudal mencapai kecepatan tertinggi hingga 10 kali kecepatan suara (12.348kmh), meskipun mereka tidak mengomentari kemampuan manuvernya.

"Kemampuan manuver yang unggul dari kendaraan luncur hipersonik lebih mencolok diverifikasi melalui uji tembak terakhir," kata KCNA.

KEYWORD :

Korea Utara Kim Jong Un Rudal Hipersonik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :