Rabu, 24/04/2024 19:31 WIB

Pembubaran KKR, PKB Minta Pemda Jabar Tegas

PKB minta Pemda Jawa Barat tegas dan jeli menyikapi tindakan intoleransi dari sekelompok Ormas yang membubarkan KKR di Sabuga, Bandung.

Sekretaris Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal

Jakarta - Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat (Jabar) diminta tegas dan jeli menyikapi tindakan intoleransi dari sekelompok Ormas yang dapat memecah belah kerukunan antar umat beragama.

Sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, Pemda Jabar harus tegas terhadap pihak yang mencoba melanggar aturan tentang kebebasan memeluk agama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinannya.

Sebab, lanjut Cucun, setiap warga negara dilindungi konstitusi untuk menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan dan keyakinannya sebagaimana tercantum dalam UUD 1945.

"Turut prihatin, hal-hal intoleransi masih terjadi di negara kita. Ini harus ada ketegasan dari pemerintah daerah dan harus lebih jeli melihat hal-hal seperti ini ke depan untuk memperkuat tata aturan kebebasan tentang agama," tegas Cucun, ketika dihubungi, Jakarta, Kamis (8/12).

Hal itu menanggapi pembubaran paksa Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) umat Nasrani oleh oknum ormas keagamaan yang mengatasnamakan Pembela Ahlus Sunna (PAS) di Sabuga, Bandung, Selasa (6/12).

Kata Cucun, sikap intoleran yang dipertontonkan sekelompok Ormas tersebut sangat jauh dari nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

"Kemudian saling toleransi, sikap itukan sudah dicondongkan dalam agama Islam," tegasnya.

KEYWORD :

Larangan Ibadah Pembubaran KKR Gubernur Jabar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :