Jum'at, 26/04/2024 00:11 WIB

Djokovic Bebas dari Tahanan Imigrasi, Visa Dikembalikan

Hakim memutuskan untuk membebaskan petenis Novak Djokovic dari penahanan imigrasi, sekaligus mengembalikan visa yang sebelumnya dibatalkan oleh pemerintah Australia.

Novak Djokovic (Foto: Aljazeera)

Sydney, Jurnas.com - Hakim memutuskan untuk membebaskan petenis Novak Djokovic dari penahanan imigrasi, sekaligus mengembalikan visa yang sebelumnya dibatalkan oleh pemerintah Australia.

Dikutip dari Aljazeera pada Senin (10/1), hakim Anthony Kelly memerintahkan agar Djokovic dibebaskan dalam waktu 30 menit, dan paspor serta dokumen perjalanan lainnya dikembalikan kepadanya.

Keputusan ini menghidupkan kembali peluang petenis nomor satu dunia itu untuk memenangkan rekor gelar Grand Slam ke-21 di Australia Terbuka mendatang.

Namun, pengacara pemerintah federal mengatakan kepada pengadilan bahwa menteri imigrasi negara itu berhak menggunakan kekuasaan pribadinya untuk mencabut kembali visa Djokovic.

Itu berarti Djokovic (34) bisa kembali menghadapi ancaman deportasi, dan bisa melewatkan Australia Terbuka, yang dimulai pada 17 Januari.

Djokovic telah ditahan di sebuah hotel penahanan imigrasi bersama tahanan pencari suaka jangka panjang sejak Kamis pekan lalu.

Pemerintah Australia membatalkan visa Djokovic tak lama setelah dia tiba di Melbourne Rabu malam untuk bermain di Australia Terbuka, setelah pihak berwenang memutuskan dia tidak memenuhi syarat memasuki Australia karena belum divaksin.

Djokovic, yang menurut dokumen pengadilan tidak divaksinasi, berpendapat bahwa dia tidak memerlukan bukti vaksinasi karena dia memiliki bukti bahwa dia terinfeksi virus corona bulan lalu.

Otoritas medis Australia telah memutuskan bahwa pengecualian sementara untuk aturan vaksinasi dapat diberikan kepada orang yang telah terinfeksi COVID-19 dalam waktu enam bulan.

Hakim Kelly mencatat bahwa Djokovic telah memberi para pejabat di bandara Melbourne pengecualian medis yang diberikan kepadanya oleh Tennis Australia, yang menyelenggarakan turnamen, dan dua panel medis.

"Intinya saya agak gelisah adalah apa lagi yang bisa dilakukan pria ini?" Kelly bertanya kepada pengacara Djokovic, Nick Wood. Wood setuju dengan hakim bahwa Djokovic tidak bisa berbuat lebih banyak.

KEYWORD :

Novak Djokovic Petenis Dunia Australia Open Bukti Vaksinasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :