Sabtu, 20/04/2024 11:49 WIB

Mahal, Tahun 2022 Ini Biaya Umrah Capai 40 Juta Per Jamaah

Mulai tahun ini, biaya umrah diperkirakan mencapai angka 40 juta rupiah. Sudah termasuk karantina.

Tempat peribadatan umas Islam di Kota Mekkah

Jakarta, Jurnas.com- Biaya umrah di tahun 2022 ini diperkirakan naik hingga Rp35-40 juta per jamaahnya. Kenaikan ini terbilang drastis, mengingat saat sebelum pandemi Covid-19 biaya umrah hanya berkisar Rp20-25 juta saja.

Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) Syam Resfiadi menerangkan kenaikan biaya umrah ini dikarenakan adanya kewajiban tes dan karantina.

Setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp28 juta untuk biaya umrah, test PCR serta karantina di Arab Saudi. Namun, jika dihitung karantina di Indonesia maka biaya yang dibutuhkan per orang menjadi Rp35-40 juta."Rp28 juta itu paket Jeddah to Jeddah, termasuk PCR dan karantina di Saudi. Itu harga terendahnya namun juga harus berkoordinasi dengan pihak maskapai," kata Syam dalam keterangannya, Senin (10/1/2022).

Meski begitu, Syam mengaku masih belum siap untuk memberangkatkan jamaah umrah dalam waktu dekat ini. Sebab ia mempertimbangkan masa karantina yang terlalu panjang.

Adapun saat ini, pemerintah mensyaratkan kewajiban karantina bagi para calon jamaah selama 7 hari 6 malam di hotel. Kemudian jika jamaah positif Covid-19 maka akan langsung dipindahkan ke Wisma Atlet untuk menjalani karantina.

"Sementara jamaah kami memiliki waktu cuti 12 hari kerja," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama melepas kepergian 419 jamaah umrah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada Sabtu (8/1/2022). Keberangkatan ini merupakan yang pertama di masa pandemi Covid-19.

KEYWORD :

Biaya Umrah 40 Juta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :