Sabtu, 20/04/2024 02:59 WIB

Pemerintah Indonesia Kirim 2 Pesawat Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Afghanistan

Bantuan kemanusiaan ini juga akan disalurkan bekerja sama dengan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu World Food Program (WFP) dan akan disupervisi misi Indonesia di Kabul.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat melepas bantuan tersebut di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu 9 Januari 2022. (Foto: Humas Kemenlu)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) kirim 2 pesawat bantuan kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Afghanistan. Masing-masing pesawat tersebut, dikawal diplomat, tim medis, dan tim pengamanan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, bantuan kemanusiaan ini berisi kebutuhan makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh rakyat Afghanistan saat ini.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bantuan kemanusiaan ini merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan bantuan kerja sama pembangunan yang telah di-pledge-kan oleh Indonesia atau telah dikomitmenkan oleh Indonesia sebelumnya," kata Retno saat melepas bantuan tersebut di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (9/1).

Dikatakan Retno, bantuan kemanusiaan ini juga akan disalurkan bekerja sama dengan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu World Food Program (WFP) dan akan disupervisi misi Indonesia di Kabul.

Bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan ini diberikan sebagai respon terhadap situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Afghanistan. Saat ini tercatat 23 juta penduduk terancam kelaparan, dan lebih dari 3 juta anak-anak Afghanistan juga terancam malnutrisi.

WFP mengatakan Afghanistan menjadi the world’s largest humanitarian crisis. Karena itu, tanpa dukungan masyarakat internasional, situasi kemanusiaan di Afghanistan akan semakin berat dan diperkirakan akan dapat berdampak pada stabilitas Afghanistan secara keseluruhan.

"Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, safety and wellbeing rakyat akan selalu
menjadi prioritas," kata Retno.

Selain bantuan kemanusiaan jangka pendek, Indonesia juga tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang antara lain Pendidikan dan pemberian kapasitas terutama untuk kaum perempuan Afghanistan.

Di dalam pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Islamabad, Indonesia kembali menegaskan pentingnya penghormatan hak-hak dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan.

Dalam waktu dekat, kata Retno, pembahasan lebih dalam mengenai kerja sama Pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan akan saya bahas dengan Qatar dan wakil dari Afghanistan.

"Indonesia ingin melihat rakyat Afghanistan, termasuk kaum perempuan Afghanistan dapat hidup damai, stabil dan sejahtera," tegas Retno.

Retno juga mengapresiasi Garuda Indonesia dan seluruh pihak yang telah bekerja sama dan berkontribusi sehingga pelaksanaan pengiriman bantuan kemanusiaan ini dapat dilakukan.

KEYWORD :

Kemenlu RI Retno Marsudi Afghanistan Bantuan Kemanusiaan World Food Program




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :