Selasa, 16/04/2024 21:27 WIB

Korban Tewas COVID-19 Inggris Lebihi 150.000 setelah Lonjakan Omicron

Inggris telah menghadapi lonjakan kasus yang terkait dengan Omicron dalam beberapa pekan terakhir, meskipun tingkat kematian lebih rendah daripada selama gelombang infeksi sebelumnya.

Seorang petugas kesehatan menutup pintu ambulans di luar Rumah Sakit Royal London, di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19) di London, Inggris, 7 Januari 2022. REUTERS/Toby Melville

LONDON, Jurnas.com - Jumlah kematian resmi Inggris dari pandemi COVID-19 naik di atas 150.000. Data kematian tersebut, menyusul rekor gelombang kasus yang disebabkan oleh varian Omicron.

Dikutip dari Reuters, sekitar 313 kematian dalam 28 hari setelah tes COVID-19 positif dilaporkan pada Sabtu (8/1), menjadikan jumlah total kematian pada tindakan ini menjadi 150.057.

Ukuran kematian yang lebih luas tetapi kurang tepat waktu dengan COVID-19 pada sertifikat kematian - yang mencakup kematian di awal pandemi ketika pengujian terbatas - mencapai 173.248 pada data terakhir pada 24 Desember.

Inggris telah menghadapi lonjakan kasus yang terkait dengan Omicron dalam beberapa pekan terakhir, meskipun tingkat kematian lebih rendah daripada selama gelombang infeksi sebelumnya.

Pemerintah Inggris fokus pada peluncuran vaksinasi penguat yang telah mencapai lebih dari 60 persen populasi daripada mengharuskan kembalinya tindakan penguncian yang terlihat sebelumnya dalam pandemi.

Sekitar 1,227 juta orang dinyatakan positif COVID-19 selama tujuh hari terakhir, 11 persen lebih tinggi dari minggu sebelumnya, sementara jumlah kematian mingguan naik 38 persen pada minggu sebelumnya menjadi 1.271.

Ada tanda-tanda tentatif bahwa jumlah kasus baru mungkin telah mencapai puncaknya, dengan 146.390 kasus baru dilaporkan pada hari Sabtu, turun dari rekor 218.724 yang tercatat pada 4 Januari.

Jumlah kematian kumulatif Inggris adalah yang tertinggi kedua secara absolut di Eropa, hanya di belakang Rusia.

Tetapi secara per kepala, Amerika Serikat, Italia, Belgia, dan beberapa negara di Eropa timur memiliki tingkat kematian kumulatif yang lebih tinggi. Tingkat kematian Inggris adalah 7 persen lebih tinggi dari rata-rata Uni Eropa, menurut angka yang dikumpulkan oleh Our World in Data.

KEYWORD :

Varian Omicron Inggris Kematian COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :