Jum'at, 26/04/2024 04:33 WIB

Kesehatan

Kenapa Kalau Dingin Mudah Pilek?

Sejak kita kecil, kita pasti tahu bahwa kalau cuaca dingin kita pasti mudah terkena pilek atau flu.

Illustrasi (foto: Vivid Life)

Sejak kita kecil, kita pasti tahu bahwa kalau cuaca dingin kita pasti mudah terkena pilek atau flu. Dalam bahasa Inggris pilek biasa disebut dengan "cold" yang artinya dingin.

Benarkah bahwa cuaca dingin yang menyebabkan pilek? Para peneliti mikrobiologi mengatakan bahwa pilek pada umumnya disebabkan oleh sekitar 200 spesies rhinovirus, bukan karena hawa dingin.

Telah puluhan tahun lamanya peneliti tahu bahwa virus pilek menggandakan diri lebih cepat di dalam tempat yang bersuhu dingin. Salah satunya adalah rongga hidung, dibandingkan dengan bagian lain tubuh manusia. Alasannya menurut Ellen Foxman dari Yale University School of Medicine, masih merupakan misteri.

Para peneliti tidak tahu apakah virus ini bekerja lebih hebat dalam suhu dingin atau sistem imun tubuh kita yang bekerja lebih buruk. "Belum banyak temuan yang bisa menjelaskan hal ini," kata Foxman dilansir dari Popular Science.

Foxman dan koleganya kemudian mempelajari Innate Immune System. Google menjelaskan bahwa Innate Immune System adalah sistem imun yang langsung bereaksi cepat bertahan saat ada serangan. Sistem ini ada di dalam setiap sel. Foxman meneliti bagaimana sistem ini beraksi saat ada virus pilek muncul. Di dalam laboratorium mereka, dari sel tikus percobaan mereka menemukan bahwa sistem imun ini mengeluarkan protein bernama interferon lebih sedikit pada suhu yang rendah, yang menyebabkan virus pilek cepat berkembang biak.

Dalam penelitian yang dipublikasikan tahun ini mereka menemukan hasil yang kurang lebih sama pada sel manusia. Pada suhu yang lebih hangat Innate Immune System bekerja lebih aktif memblok pertumbuhan virus. Enzim yang melumpukan genome virus juga bekerja lebih baik. Saat ini tim Foxman sedang berusaha memahami bagaimana sistem pertahanan tubuh mengatasi varian virus rhinovirus ini.

Selain memakai penghangat, sarung tangan, tutup kepala, skarf, atau jaket dan lainnya, Foxman menganjurkan untuk mencuci tangan saat terasa gejala flu agar virus itu tidak berpindah ke mata, hidung atau mulut.

"Selain di tempat-tempat itu virus itu tidak bisa berbuat apa-apa," kata Foxman.

KEYWORD :

Flu sebab-sebab flu kesehatan gaya hidup




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :