Sabtu, 20/04/2024 19:24 WIB

Omicron Sulit Terbendung, Charles DPR: Pemerintah Mestinya Fokus ke Faskes

Pastikan tempat tidur, alat kesehatan, obat-obatan, dan tenaga medis. 

Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi IX DPR

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi IX/Fraksi PDI Perjuangan DPR, Charles Honoris meminta pemerintah tidak lagi terlalu fokus pada angka-angka penularan varian Omicron, tetapi harus fokus pada sistem layanan fasilitas kesehatan (faskes).

"Pemerintah harus memastikan tempat tidur, alat kesehatan dan obat-obatan selalu tersedia, jumlah tenaga medis memadai, sehingga kalau ada sebagian pasien (komorbid) yang mengalami perburukan bisa tertangani dengan baik, dan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat," kata Charles dalam keterangan tertulis kepada media di Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

Charles Charles yang juga Wakil Ketua Bidang Kesehatan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) meminta, kedepan penetapan level PPKM hendaknya tidak lagi menggunakan parameter angka penularan, tetapi pada indikator layanan kesehatan, seperti Bed Occupancy Rate (BOR).

"Semakin tinggi BOR faskes di suatu wilayah, semakin tinggi level PPKM-nya. Begitu juga sebaliknya," jelasnya. 

Seperti sudah terjadi di banyak negara, kata Charles, jumlah kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus meningkat setiap harinya, dan sepertinya akan sulit terbendung mengingat tingkat penularan varian ini memang sangat tinggi.

Bahkan sejumlah epidemolog memprediksi penularan Omciron di Indonesia bisa tembus 300 ribu kasus per hari. 

Namun demikian, Charles meminta masyarakat tidak perlu panik, karena seperti terjadi di banyak negara yang lebih dulu dilanda Omicron, kematian akibat varian ini sangat minim dan jarang menimbulkan gejala berat.

Bahkan di Inggris, jelas Charles, pasien Omicron bisa sembuh dalam waktu 3-5 hari, sebab menurut banyak ahli medis varian ini hanya berdampak pada saluran pernapasan bagian atas, tidak sampai ke paru-paru.

"Gejala ringan ini juga yang kebanyakan dialami ratusan pasien Omicron yang sedang menjalani karantina di sejumlah tempat di Jakarta," tandas Charles yang legislator dapil III DKI Jakarta 

Di sisi lain, Charles berharap masyarakat tetap menegakkan protokol kesehatan untuk tetap memperlambat laju penularan, dan juga menekan angka BOR, sehingga aktivitas sosial ekonomi di wilayahnya juga tetap bisa berjalan.

"Tidak sedikit pakar kesehatan yang memprediksi bahwa varian Omicron ini adalah pintu memasuki fase endami dan merupakan awal dari akhir pandemi Covid-19. Semoga," tutup Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi IX/Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Waketum KADIN Bidang Kesehatan. 

KEYWORD :

Charles Honoris Komisi IX DPR Omicron fasilitas kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :